OPERASI KELOPAK MATA

Bedah kosmetik Kelopak Mata atau disebut juga “blepharoplasty“, menghilangkan tumpukan lemak dan kerut, kelebihan kulit pada kelopak mata atas yang membuat anda terlihat lelah atau sedih. Operasi ini juga menghilangkan kantung-kantung dibawah mata dan mengencangkan kulit kelopak bagian bawah. Hasil yang diperoleh adalah mata terlihat lebih cemerlang, tajam dan segar.

Jika anda mempertimbangkan operasi pada bagian atas atau bawah kelopak mata anda, dokter bedah plastik anda menghendaki anda benar-benar mengerti tentang prosedur ini. Bacalah brosur ini sebagai langkah awal. Konsultasi pribadi dengan dokter bedah anda adalah cara terbaik untuk memperoleh informasi tambahan yang anda butuhkan.

MEMPERTIMBANGKAN OPERASI KELOPAK MATA

Operasi plastik pada kelopak mata dapat dilakukan pada manusia dewasa pada semua usia. Beberapa orang melakukan operasi kelopak mata untuk memperbaiki masalah-masalah yang disebabkan oleh faktor usia, sementara yang lain memiliki faktor bawaan yang membuat mereka dirawat pada awal umur 20 atau 30 tahun.

APAKAH SAYA CALON YANG BAIK UNTUK MELAKUKAN OPERASI KELOPAK MATA?

Salah satu atau kombinasi dari kondisi berikut mungkin mengindikasikan bahwa anda merupakan calon yang baik untuk melakukan operasi kelopak mata:

  • Kelebihan kulit yang menyebabkan lipatan alami kelopak mata atas tidak jelas terlihat.
  • Kulit yang kendur menggantung dari kelopak mata atas, mungkin mengganggu pandangan
  • Gembung pada kelopak mata atas, menyebabkan mata terlihat lelah
  • Kelebihan kulit dan keriput pada kelopak mata bawah
  • Kantung dan lingkaran hitam dibawah mata, kadang dengan tekanan pada bagian tulang kelopak mata bawah
  • Kelopak mata bawah yang menggantung, memperlihatkan bagian putih dibawah iris (bagian yang berwarna pada mata)

Operasi kosmetik pada kelopak mata biasanya dapat memperbaiki masalah-masalah ini, meskipun jenis perawatan yang lain mungkin juga perlu dipertimbangkan. Sebagai contoh, jika kondisi kelopak mata atas juga ditambah dengan alis yang kendor, maka pengencangan dahi (forehead lift) mungkin disarankan. Melicinkan keriput (crow feet) mungkin membutuhkan chemical peeling atau prosedur laser resurfacing. Lingkaran dibawah mata yang disebabkan oleh pigmen mungkin dapat dirawat dengan cairan bleach atau chemical peeling.

Dokter bedah anda dapat memberikan informasi lebih lanjut jika anda ingin tahu tentang prosedur yang lain tersebut.

KONSULTASI PRIBADI

Selama konsultasi awal, anda mungkin diminta untuk melihat dikaca dan menunjukkan secara jelas apa yang anda inginkan untuk diperbaiki. Hal ini akan menolong dokter bedah plastik anda untuk memahami harapan anda dan menentukan apakah keinginan tersebut dapat diwujudkan.

BAGAIMANA CARA DOKTER BEDAH PLASTIK MENILAI KEADAAN SAYA UNTUK OPERASI KELOPAK MATA?

Dokter akan mendiskusikan catatan kesehatan anda termasuk operasi-operasi yang pernah dilakukan sebelumnya, dan obat-obatan yang anda pakai. Anda harus memberikan informasi yang lengkap. Tekanan darah, masalah-masalah kelenjar thyroid atau diabetes adalah beberapa kondisi medis yang mungkin menaikkan resiko untuk melakukan operasi kelopak mata.

Dokter bedah plastik anda juga ingin mengetahui apakah anda memiliki alergi terutama jika mempengaruhi mata anda. Mereka mungkin menanyakan apakah anda pernah mencoba menggunakan lensa kontak, tetapi tidak berhasil. Jika anda saat ini menggunakan kaca mata atau lensa kontak, anda harus membawanya, kalau-kalau dokter anda ingin menguji penglihatan anda.

Dokter anda juga perlu mengetahui apakah anda menderita “mata kering” atau apakah anda memiliki masalah yang lain pada mata anda.

Salah satu dari beberapa teknik operasi mungkin menyarankan untuk memperindah penampilan kelopak mata anda. Teknik yang disarankan oleh dokter bedah plastik anda akan tergantung dari banyak faktor seperti jumlah lemak dan kulit yang berlebih di daerah sekitar kelopak mata, dan kondisi otot disekitar mata anda.

BAGAIMANA OPERASI KELOPAK MATA DILAKUKAN?

Karena faktor-faktor individu, tidak setiap orang akan mencapai hasil yang sama pada operasi kelopak mata. Dokter bedah plastik anda akan memilih teknik operasi yang dirasa paling sesuai untuk anda.

Bagaimana dokter bedah plastik dapat memperbaiki penampilan dari kelopak mata atas saya?

Untuk operasi kelopak mata atas, secara umum irisan dilakukan diantara lipatan asli pada kelopak mata atas, dan diperluas sampai sudut luar kedalam garis tawa atau “creases” yang lain. Melalui irisan ini, kelebihan kulit dan jaringan lemak dibuang. Karena irisan dilakukan sepanjang garis natural pada kelopak mata atas, maka bekas operasi tidak terlihat.

Apa yang dilakukan untuk memperbaiki penampilan kelopak mata bawah saya?

Untuk kelopak mata bawah, sering irisan dilakukan persis dibawah kelopak bawah. Melalui irisan ini, kulit yang berlebih, otot, dan lemak dibuang, atau lemak bisa juga dipindahkan ke tempat lain untuk mengurangi gembung atau tonjolan. Untuk memperbaiki masalah-masalah khusus seperti kelemahan otot dapat pula dilakukan.

Seperti operasi pada kelopak mata atas, bekas operasi tidak terlihat karena tertutup oleh lipatan alami.

Pada beberapa kasus, anda dan dokter bedah anda mungkin memutuskan bahwa pendekatan terbaik untuk memindahkan lemak yang berlebih adalah melalui irisan yang ditempatkan didalam kelopak mata bawah. Teknik ini tidak membutuhkan irisan dari luar, tetapi tidak dapat digunakan untuk membuang kulit yang berlebih. Laser kadang-kadang dapat digunakan dalam hubungannya dengan operasi ini.

Keterangan gambar :

Untuk operasi kelopak mata atas, secara umum irisan disembunyikan didalam lipatan alami kelopak mata atas dan diperluas sedikit dibawah garis luar sudut mata dan didalam garis tawa atau lipatan lain yang ada.

Untuk operasi kelopak mata bawah, kadang-kadang irisannya disembunyikan persis dibawah kelopak bawah. Kelebihan lemak didalam kelopak mata atas dan bawah dapat dibuang, atau kadang-kadang lemak pada kelopak mata bawah dipindahkan ke bagian lain.

RESIKO

Untungnya, komplikasi yang berbahaya dari operasi kelopak mata jarang terjadi. Setiap tahun, beribu-ribu orang menjalani operasi kelopak mata dengan sukses, tidak mengalami masalah yang berarti, dan puas dengan hasilnya.

Akan tetapi, sebelum menjalani operasi, anda harus mengetahui keuntungan serta resiko yang mungkin timbul.

Saya mengerti bahwa setiap prosedur operasi mengandung resiko, tetapi bagaimana saya mengetahui informasi yang lebih banyak lagi sehingga saya dapat membuat keputusan?

Subjek resiko dan komplikasi yang potensial dari operasi merupakan pembicaraan yang paling baik antara anda dan dokter bedah plastik anda, atau dengan anggota staff kantor bedah plastik anda.

Beberapa komplikasi potensial yang mungkin dibicarakan dengan anda termasuk hematoma ( pengumpulan darah dibawah kulit yang mungkin harus dibuang ), infeksi dan reaksi anesthesia. Dalam operasi kelopak mata, mungkin pasien akan meras kekeringan atau iritasi pada mata yang membutuhkan perawatan. Ada kemungkinan kelopak mata akan mengalami mati rasa untuk sementara waktu atau gangguan fungsi kelopak mata yang kadang ? kadang mungkin perlu untuk diperiksa oleh operasi tambahan.

Anda dapat membantu memperkecil resiko tertentu dengan mengikuti nasehat dan petunjuk dari dokter bedah plastik anda, baik sebelum maupun sesudah opeasi.

Pengalaman operasi anda

Tujuan dari operasi bedah plastik dan seluruh prosedurnya adalah untuk membuat pengalaman operasi anda menjadi lebih senyaman mungkin.

Apa yang harus saya persiapkan sebelum operasi ?

Jika anda seorang perokok, anda akan diminta untuk berhenti merokok sebagai nasehat sebelum operasi. Aspirin dan obat ? obatan penghilang radang dapat menyebabkan peningkatan pendarahan, sehingga anda harus menghindari pemakaian obat ? obatan ini untuk periode waktu sebelum opearasi. Dokter bedah plastik anda akan memberi anda tambahan petunjuk preoperative.

Seseorang yang menjalani operasi aesthetic kelopak mata biasanya tidak perlu menginap di rumah sakit. Tetapi pastikan bahwa ada seseorang yang akan mengantar anda pulang setelah operasi dan menemani anda paling tidak malam pertama setelah operasi.

Seperti apakah hari setelah operasi ?

Operasi aesthetic kelopak mata anda mungkin dilakukan di rumah sakit, free ? standing ambulatory facility or office ? based surgical suite.

Pengobatan diberikan untuk kenyamanan anda selama prosedur operasi. Seringkali, pembiusan lokal dan penyuntikan ke dalam pembuluh darah dilakukan bagi pasien yang menjalani operasi kelopak mata, meskipun pembiusan biasa mungkin diperlukan pada beberapa hal. Untuk keselamatan anda selama operasi, berbagai macam monitor dipakai untuk memeriksa jantung anda, tekanan darah, nadi dan jumlah sirkulasi oksigen dalam darah anda.

Ketika proses operasi selesai, anda akan dibawa ke dalam ruang pemulihan dan anda akan terus dimonitor. Pandangan anda mungkin akan kabur sebagai hasil dari obat salap yang dipakai untuk menyejukan dan melindungi mata selama operasi juga dari pembengkakan yang biasa terjadi setelah operasi kelopak mata. Mungkin ada sedikit ketidaknyamanan yang tidak terduga setelah melakukan operasi.

Anda mungkin akan diijinkan untuk pulang setelah beberapa jam, meskipun beberapa pasien mungkin harus tinggal di rumah sakit atau di ruang operasi untuk satu malam.

Bagaimana penampilan dan persaan saya setelah melakukan operasi ?

Sangatlah penting untuk menyadari bahwa waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan setiap orang berbeda.

Satu hari setelah operasi, anda harus istirahat dengan kepala diangkat. Doketr bedah plastik anda mungkin akan menyuruh anda untuk memakai kompres dingin pada kelopak mata anda. Ingat, anda tidak boleh meminum aspirin atau obat penghilang radang tertentu.

Awalnya, anda mungkin akan merasa ” kencang ” pada sekitar mata dan sedikit rasa tidak nyaman yang dapat dikontrol dengan meminum obat. Selama 48 jam pertama setelah operasi, pasien mengalami pembengkakan dan memar pada tingkatan yang bermacam ? macam. Beberapa pasien mengalami pembengkakan ringan selama beberapa minggu, sementara pasien yang lain bengkaknya akan mengecil dalam satu minggu. Memar biasanya akan hilang dalam tujuh sampai sepuluh hari. Jika anda ingin memakai make-up, anda akan diijinkan memakainya dalam minggu pertama, untuk menyembunyikan perubahan warna. Jahitan biasanya dilepas dalam satu minggu masa operasi.

Penglihatan anda mungkin akan terus kabur untuk beberapa hari atau lebih lama. Mata anda mungkin akan peka terhadap cahaya untuk sementara waktu, dan mungkin mata anda akan mengalami basah yang berlebihan atau kekeringan. Beberapa dokter bedah plastik menganjurkan obat tetes mata untuk membantu mengobati rasa panas atau gatal. Anda mungkin ingin memakai kacamata gelap selama dua minggu untuk melindungi mata anda dari angin dan iritasi matahari.

Kapan saya dapat memulai aktivitas saya kembali ?

Pereggangan, pembungkukan dan pengangkatan beban harus dihindari selama awal peiode setelah operasi. Bagaimanapun juga, dalam banyak hal anda akan mampu melanjutkan aktivitas anda dalam sepuluh hari atau lebih kurang dari sepuluh hari. Meskipun anda mungkin merasa dapat kembali lagi bekerja dalam beberapa hari setelah operasi, penglihatan anda mungkin masih sedikit kabur sehingga dapat mempersulit dalam membaca atau mengerjakan pekerjaan anda. Anda tidak boleh memakai lensa kontak selama satu atau dua minggu.

Hasil dari operasi kelopak mata anda.

Operasi aesthetic kelopak mata membuat penampilan anda terlihat lebih baik dan segar. Karena proses penyembuhannya berangsur ? angsur, anda harus menunggu paling tidak beberapa minggu untuk mendapatkan foto hasil operasi kelopak mata anda yang akurat. Irisan pudar dalam beberapa bulan sampai tidak terlihat sama sekali.

Berapa lama hasil operasi kelopak mata akan bertahan ?

Hasil dari operasi aesthetic kelopak mata akan bertahan untuk waktu yang lama, tetapi mungkin hal tersebut juga dipengaruhi oleh bakat bawaan dan faktor gaya hidup anda.

Membuang lemak dari kelopak mata anda, yang biasanya menyebabkan gembung dan kantong kelopak mata, adalah permanen, dan kondisi ? kondisi ini biasanya tidak akan berulang. Bagaimanapun juga, kulit mengikuti perkembangan usia, dan kelemahan kulit bersama dengan kekeriputan pada daerah kelopak mata mungkin pada beberapa point, akan kembali. Kadang ? kadang kehilangan kerutan di dahi menyebabkan kedutan pada alis mata yang menyebabkan jatuhnya kelopak mata bagian atas. Jika hal ini terjadi, perbaikan mungkin membutuhkan pengangkatan dahi atau operasi kelopak mata yang kedua.

Meskipun usia terus bertambah, pasien biasanya senang dengan penampilan mereka selama bertahun ? tahun setelah melakukan operasi kelopak mata. Beberapa pasien ingin membuat perkembangan lebih lanjut pada waktu yang akan datang.

Menjaga hubungan dengan dokter bedah plastik anda.

Anda akan kembali ke dokter bedah plastik anda untuk perawatan selanjutnya pada selang waktu tertentu, pada saat itu kemajuan anda akan dievaluasi. Setelah pemeriksaan postoperasi dilakukan, beberapa dokter bedah plastik menyarankan pasien mereka untuk kembali pada periode tertentu untuk pemeriksaan dan membicarakan hasil operasi.

Ingatlah bahwa hubungan dengan dokter bedah plastik anda tidak berakhir pada saat anda meninggalkan ruang operasi. Jika anda mempunyai pertanyaan ? pertanyaan selama masa penyembuhan, atau membutuhkan informasi tambahan , anda sebaiknya menghubungi dokter bedah plastik anda.

Buana Alkes – Medical Supplier


Dear dr Budiman,

Hanya ingin mengucapkan sekali lagi terimakasih atas operasi blepharoplastynya yang berjalan lancar dan baik .. Alhamdulillah. Juga untuk team yang sangat profesional.

Mira dan keluarga sudah sampai lagi di rumah, Brisbane Australia dan sudah menjalankan aktifitas seperti biasa Alhamdulillah.

Di sudut dalam mata saya masih suka gatal, dan bekas jahitan masih ada seperti bintil gatal. InsyaAlloh ini bisa sembuh dengan waktu ya dok?

Oke deh, selamat bertugas dan sukses selalu ya.

Salam,

Mira

ps: suami saya bilang mata saya bagus, kalau hidungnya dimancungkan dikit muka saya seperti waktu pesta pernikahan (hehhe) kan waktu itu dirias dok. Makasih ya dokter Budiman.

2 Balasan ke OPERASI KELOPAK MATA

  1. Nelly Tjinda mengatakan:

    Usia saya 61 thn,kelopak mata bagian bawah mata saya menggantung dan berkerut..kemana saya kalo mau opersinya?

  2. jesslyn mengatakan:

    berapa ya biaya operasi kelopak mata
    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: