Tanya Jawab Operasi Kelopak Mata

Tanya jawab: dr. Budiman, SpBP

( Salah satu dokter spesialis bedah plastik di Pro Aesthetic Clinic )

Pertanyaan:

Salam hormat,

Saya ibu rumah tangga, punya putra berusia 6 tahun. Sejak lahir ada kelainan pada kulit kelopak mata anak saya sebelah kiri, kalau dilihat sepertinya tidak ada garis lipatan pada kelopak mata sehingga ketika melihat ke arah atas kelopak tidak terlipat. Walhasil bola mata yang berwarna hitam tertutup kelopak mata.
Setelah saya konsultasikan ke dr di kota saya hasilnya penglihatan bagus, hanya kulit saja yang perlu perbaikan.
Yang ingin saya tanyakan, apakah anak saya harus dioperasi?, sebaiknya pada usia berapa?, apa tidak berpengaruh pada bola matanya?
Terimakasih atas infonya dok.

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan ibu, anak ibu memiliki kelainan yang disebut Ptosis palpebra, sehingga kelopak mata tampak seperti mengantuk. Ada beberapa derazat mulai dari yang ringan sampai berat, yang berat bagian hitam mata sampai tertutup. Kelainan ini penyebabnya karena otot levator palpebra yang tugasnya membuka kelopak mata kurang kuat atau mungkin tak terbentuk. Ada banyak teknik operasi,  yang paling baik adalah dengan memanfaatkan otot yang berfungsi mengangkat alis untuk membantu mengangkat kelopak tersebut. Hasilnya lumayan pada saat melihat lurus kedepan kedua lipatan dan bukaan mata akan sama. Namun perbedaan tetap akan sedikit terlihat bila mata melihat ke atas. Kalau pada orang dewasa operasi ini dapat dilakukan dalam bius lokal, hasilnya lebih baik karena saat setting kita dapat bekerja sama denga pasien untuk membuka dan menutup matanya. Pada anak kecil yang penakut harus bius umum operasi lebih sulit karena settingnya harus dikira kira, karena pasien dalam bius umum tak dapat diperintah untuk buka tutup mata. jadi terserah ibu untuk memilih timing yang mana.Terimakasih atas kunjungannya ke web site kami, bila ibu ingin melihat beberapa contoh kasus yang telah kami kerjakan (sebelum dan sesudah operasi) pada kelainan seperti ini silahkan datang ke Pro Aesthetic Clinic.

About these ads

13 Balasan ke Tanya Jawab Operasi Kelopak Mata

  1. adi kusuma mengatakan:

    Tanya jawab: dr. Budiman, SpBP

    maaf p. dr. budiman, SpBP, anak saya kelopak mata sebelah kiri tidak sama dengan sebelah kanan ( tidak ada kelopak mata seperti yg sebelah kanan ). anak saya berumur 3 thn, klo dioperasi kira-kira berapa biayanya.

    terima kasih

  2. lala mengatakan:

    Saya memakai protesa pada mata sebelah kiri dan sudah 2 kali menjalani operasi kelopak mata karena posisi kelopak mata kiri atas turun sehingga terlihat tidak simetris dengan kelopak mata kanan. Setelah operasi, kelopak mata atas memang terlihat sudah dapat ditarik ke atas dan terkesan lebih membuka tapi ternyata tidak dapat bertahan lama karena beberapa hari kemudian terlihat turun lagi. Mohon saran dari dr Budiman, apakah memang kelopak mata atas saya posisinya tidak dapat disamakan dengan kelopak mata kanan.

    • Hira Yusopa mengatakan:

      Slmt siang, tks kunjungannya. Kelopak mata yg tidak simetris krn bawaannya tdk sama namanya ptosis, biasanya terjadi krn otot levator palpebra sisi tsb lemah, tipis atau tak ada pd ptosis yg berat. Memang cukup sulit utk menyamakannya, Biasanya kita mengekalinya dgn memanfaatka otot lain, spt otot frontalis yg biasanya utk mengangkat alis mata, hasilnya cukup bermakna walau tdk 100 persen sama, banyak cara lain namun yg paling baik adlh cara tsb, dan dpt dikerjakan dg bius lokal di klinik, tks

  3. Yanny mengatakan:

    Dokter, saya wanita berumur 25 thn, pada dasarnya mata saya tdk ada masalah yg berarti. Tp saya merasa bermasalah pada kelopak mata dan kantung mata saya, yg spt tidak sesuai dngn umur saya.. Padahal saya tdk minum dan merokok. Apa mungkin faktor keturunan ya dok? Dan saya ingin sekali melakukan bedah plastik untuk memperbaiki bentuk mata saya. Yg saya ingin tanyakan, pro aesthetic clinic ini alamatnya dimana? Dan kalo saya mau koksultasi dlu, dikenakan biaya konsul tdk dok? Saya benar2 ingin tau biaya operasi untuk memperbaiki bentuk mata saya. Terima kasih.

  4. ado mengatakan:

    salam kenal, dok saya punya istri umur 40 tahun, dia mempunyai tulang pipi yang menonjol ke pipi yang sangat mempengaruhi penampilannya. Bagaimana cara mengatasinya? sistem operasi apa buat istri saya agar pipinya mulus dan tidak kelihatan tulang pipinya. terima kasih

    • Hira mengatakan:

      Selamat pagi pak Ado,..tulang pipi yg tampak menonjol relatif jarang,…biasanya akan tampak juga karena terlalu kurus,…..Kalau memang terlaalu menonjol terpaksa dikikis dlm bius umum,…namun kadang2 dpt pula secara sederhana diakali dg menaikkan hidung dan dagunya,…..yg cukup dikerjakan dg memasang implant hidung dan dagu dl pembiusan lokal saja,…utk jelasnya dapatkaah dikirimkan foto wajah tampak depann saamping dan dari bawah yg memperlohatkan lobang hidung dan tonjolan pipi dari arah bawah,..tks
      (Dr. Budiman, SpBP)

  5. ado mengatakan:

    makasih dok atas jawabannya, maaf tanya lagi. tulang pipinya yang menojol itu tulang pipi di bawah mata. untuk menutupi tulang pipi itu apakah mungkin dengan menebalkan daging pipi atau orang jawa menyebut di buat “tembem”? kalau yang di lakukan bupati karang anyar bu rina itu operasi apa dok? sekarang pipinya kelihatan lebih “tembem” dan lekuk pipinya sempurna mulus dan cantik.
    Dan saran dokter, untuk menyiasati itu ada cara lain yaitu operasi dagu dan operasi memancungkan hidung. seumpama dari pihak kami “ya” apakah operasi bisa di lakukan sekaligus operasi dagu dan hidung, atau satu persatu operasi dagu dulu setelah sembuh baru operasi hidung. terima kasih

  6. san lee mengatakan:

    Selmt siang dok,,,
    Sy seorang perempuan berusia 20 tahun,,
    Mata sy juga mengalami ptosis palpebra,,
    Di mana mata kanan sy tidak memiliki
    Lipatan mata/lbh kcl dr mata seblh kiri
    Sy sempat operasi di sebuah klinik
    Tp hasil nya gagal,,,mata sy sm sekl
    Tidak mengalami perubahan,,,
    Dr keterngan doktr tersbt,,,
    Dia hanya mengakali dngn menggnkan benang,untuk menggantng,,,
    Sy sempat menanyakan,,,knp mesti pake benang,,doktr menjawb,,,klo dia hanya dokter ahli bedah kecantikan,,bkn dokter mata,,,,dia menyarakan sy untuk operasi di rs sakit khusus mata,,
    Yg ingin sy tanyakan,,,mungkin ga,,klo operasi di rs sakit khusus mata,,,
    Mata sy bs pulih,?
    Saya juga pernh mendngr,,,klo otot paha,,bisa di gunakan untuk menggantikan otot mata palpebra???benar2 bs gak dok,,,
    Mohon di jawab ya dok,terimaksih

  7. Sansan mengatakan:

    Siang dok,,,
    Dok mata sebelah kanan saya mengalami ptosis palpebra sejak lahir,,sy sdh pernh melakukan operasi di sbh klinik jkt,,tp hsl nya gagal,,,yg ingin sy tanyakan,,,
    Apakah dokter pernh menangani kelainan seperti ini,,,n tingkat keberhasilan nya brp persen???
    Mungkin ga dengan operasi bs normal kembl

  8. Jelry mengatakan:

    Slamat mlam… Dr.Budiman.sBsp
    saya umurnya 16 thn
    saya mau tanya dok, bola mata saya terlalu masuk ke dalam atau mungkin kulit kelopak mata saya terlalu tipis sehingga mata saya terlihat masuk ke dalam, dok apakah ada cara untuk membuat mata saya tidak terlalu kelihatan masuk.
    ohh ia dok saya perokok. Mohon pencerahannya.

  9. Ria mengatakan:

    Selamat sore,

    Dok, saya punya keponakan, bayi yang baru lahir. sejak kelahirannya kelopak matanya yang kiri tidak bisa terbuka, namun setelah 1 bulan bisa terbuka cuma sedikit saja, sangat berbeda sekali dengan kelopak mata kanannya. apakah dapat menimbulkan kebutaan pada satu mata?
    mohon penjelasannya?

    Terima kasih,

    Ria

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: