“ Operasi Rahang dalam Ilmu bedah Plastik “

Pertanyaan:
Dear dokter di Pro Aesthetic clinic,
Saya Susan, seorang wanita berusia 26 tahun, karyawati di salah satu perusahaan swasta. Saya bekerja di bagian marketing dan harus bertemu dengan vbanyak klien. Saya sejak lama kurang pede dengan penampilan dagu saya yang cenderung terlalu maju (cameuh). Pertanyaan saya adalah: Dapatkah rahang saya dikoreksi dengan ilmu bedah plastic ? Bagaimana caranya? Bagaimana prosesnya? Seberapa amankah? Bagaimana tingkat keberhasilannya? Apa yang harus saya persiapkan? Bagaimana perawatannya?
Dan kisaran biayanya? Dimana saya bias melakukan operasinya?
Jawaban dokter sangat saya tunggu,…..terima kasih sebelumnya
Best regard,
Susan

Jawaban:
Yth mbak Susan, untuk menjelaskan permasalahan dan pertanyaan mbak, mungkin akan lebih jelas bila mbak menyimak artikel saya tentang “ Operasi Rahang dalam Ilmu bedah Plastik “ di bawah ini:

BENTUK RAHANG YANG IDEAL
Bentuk rahang yang ideal adalah yang memiliki bentuk, ukuran, perbandingan dan posisinya berada dalam keadaan yang harmonis dengan struktur wajah lainnya.
Sedangkan rahang yang tidak normal adalah rahang yang terlalu menonjol atau terlalu mundur baik rahang atas (maksila) rahang bawah (mandibula) maupun keduanya yang biasanya disebabkan oleh kelainan anatomiknya atau adanya faktor lain yang mengganggu perkembangannya.
Prognatisme
Apabila maksila dan mandinbula terlalu panjang (maju) sehingga penampilannya menjadi monyong, atau apabila panjang maksila normal sedangkan mandibula terlalu menonjol , atau apabila maksilanya mengalami gangguan perkembangan sedangkan mandibulanya normal sehingga orang tersebut dagunya seperti maju (nyakil bahasa jawanya)

Retrognatia
Apabila rahang bawah (mandibula) posisinya lebih kebelakang, oleh karena ukurannya yang terlalu pendek atau gagal berkembang sehingga dagu orang tersebut tampak terlalu kebelakang. Hal ini yang menyebabkan orang tersebut berusaha untuk memajukan dagunya, kadang mereka datang ke tempat yang salah dan sering kali malah menjadi korban penyuntikan silikon cair.
Contoh gambar:

A. Prognatia (type rahang bawah yang terlalu menonjol)
B. Normal
C. Retrognatia

KOREKSI BENTUK RAHANG AGAR IDEAL
Tindakan operasi untuk memperbaiki rahang agar ideal tentu saja, tergantung kepada jenis kelainannya. Artinya setiap tindakan harus diseuaikan dengan indikasinya. Untuk kelainan yang tidak terlalu berat misalnya pada kelainan bentuk dan posisi dagu yang agak kebelakang (retrognatia) mungkin hanya dengan menyisipkan implant saja sudah sangat menolong, nama operasinya genioplasty dengan menanamkan implant padat. Teknik lain genioplasty adalah dengan melakukan pemotongan ujung dagu dan digeser kedepan disebut sebagai sliding genioplasty. (Dalam operasi bedah estetika, ukuran pergeseran 2 mm saja sudah sangat berarti memperbaiki penampilan).

Namun untuk kelainan yang lebih komplek yang melibatkan bentuk dan posisi rahang atas dan bawah (pada kasus prognatia), biasanya operasinya juga lebih kompleks karena memerlukan pemotongan tulang rahang atas maupun bawah untuk diposisikan ke posisi yang diinginkan, kemudian dilakukan fiksasi dengan memasang mini plate dan screw, dan dilanjutkan dengan perawatan orthodontik untuk mendapatkan posisi oklusi (posisi pertemuan geraham atas dan bawah yang optimal). Operasi jenis ini dikenal dengan istilah BSSO (Bilateral Sagital Segmental Osteotomy) seperti gambar berikut.
Berikut ini beberapa contoh sketsa orang yang prognatia yang kemudian dilakukan operasi BSSO

Apakah operasi BSSO meninggalkan bekas sayatan yang lebar? Operasi ini tidak meninggalkan bekas sayatan di kulit, karena sayatan operasi dibuat di dalam rongga mulut pada gusi sisi luar (ginggivobucalis)

KEBERHASILAN TREATMENT
Genioplasty dengan implant padat
Untuk operasi simpel pada retrognatia, dapat dilakukan dengan pemasangan implant dagu, hasilnya langsung terlihat, dan tidak memerlukan treatment khusus karena kelainan dan operasinya memang lebih sederhana. Operasi ini dapat dikerjakan dengan pembiusan lokal sehingga tidak diperlukan perawatan mondok. Risiko komplikasi yang bisa terjadi yang seharusnya bisa dihindari adalah : letak implant yang miring, atau tidak simetris, implant yang terlalu besar, atau kurang besar, dan infeksi.
Untuk tindakan yang lebih kompleks seperti operasi BSSO, tentu saja risiko komplikasinya lebih besar karena memang kelainannya juga lebih kompleks sehingga harus dilakukan dengan pembiusan umum dan memerlukan perawatan mondok serta memerlukan persiapan yang lebih banyak seperti pemeriksaan cephalometry untuk mengukur beratnya penyimpangan bentuk dan posisi rahang tersebut dibandingkan dengan yang seharusnya. Team dokter akan mengukur berapa mm rahang tersebut harus digeser posisinya dan kemiringannya agar menjadi simetris, berapa derazat rahang harus diputar sumbunya, agar menjadi sinkron dengan bagian lainnya. Setelah pengukuran cephalometry dilakukan pemasangan alat orthodontik oleh dokter gigi spesialis orthodontik yg tergabung dalam team operasi, agar sesaat setelah operasi gigi geligi bisa langsung dikatupkan dengan alat tersebut sehingga oklusi yang optimal akan tercapai ketika pasien mengunyah makanan nantinya. Lama operasi bisa 3 sd 4 jam tergantung jam terbang operatornya, dan lama perawatan kurang lebih 3 hari.
Pasca perawatan di rumah pasien harus makan makanan cair sampai 2 minggu, oleh karena rahang atas dan bawah dirapatkan dulu dengan karet sehingga pasien belum diperbolehkan membuka mulut. Setiap har i harus memelihara kebersihan rongga mulut, dengan menggosok gigi dan kumur bethadin. Pemakaina obat pengencer darah dan kebiasaan merokok sebaiknya dihentikan dulu sebelum dan sesudah operasi sampai lukanya pulih .
Tidak ada tindakan medis yang bisa memberikan garansi/jaminan hasil dan keamanan 100 persen, seperti halnya keselamatan di jalan raya atau penerbangan , yang dapat kita lakukan hanyalah memperkecil risiko dengan cara melakukan pemeriksaan yang teliti terhadap berbagai kemungkinan komplikasi, mempersiapkan alat, Rumah Sakit, memilih dokter spesialis yang tepat, dan bekerja sesuai dengan SOP (Standar Operasional Procedure). Sama dengan kita berkendaraan agar bisa selamat, maka pilihlah kendaraan yang fit, baik remnya , mesinnya, memiliki kaca spion, memilih sopir yang berpengalaman dan memiliki ijin mengemudi yang syah, mengikuti prosedur berkendara dijalan raya, dll,…walaupun tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kecelakaan karena ditabrak oleh mobil lain, tertimpa pohon, dll walau pun kita sudah berhati hati.

Hal yang harus dilakukan orang untuk memilih treatment ini:
1. Pilih dokter yang memiliki kompetensi, terdaftar dalam perhimpunan dokter spesialis yang diakui di Persada ini.
2. Pilih Rumah Sakit yang memiliki fasilitas lengkap antara lain memiliki fasilitas Craniofacial center seperti di RSCM Jakarta, RS dr. Sutomo Surabaya, RSPAD Jakarta, dll.
3. Berkonsultasi dengan dokter spesialis anda, sampai anda mengerti dan memahami berbagai aspek dari operasi yang akan dilakukan.
4. Ikuti petunjuk dokter dalam persiapan operasi, kemukakan dengan jujur riwayat penyakit, alergy , riwayat pemakaian obat pengencer darah, dll yang berkaitan dengan kesehatan anda.
5. Lakukan pemeriksaan penunjang sesuai dengan yang diperlukan.
6. Penentuan waktu operasi, persiapan pasca operasi untuk istirahat di rumah, dll.
Kontra indikasi untuk melakukan operasi bedah pada dasarnya sama yaitu berkaitan dengan risiko operasi mau pun risiko pembiusan, risiko alergy obat, dl. Misalnya Orang yang betrpenyakit jantung, hypertensi, tentu risikonya sangat tinggi, juga orang yang memiliki sakit kencing manis akan memperlambat penyembuhan luka sehingga harus diupayakan agar kadar gula darahnya selalu terkontrol. Pemeriksaan Jantung, paru paru dan laboratorium sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien sebelum dilakukan operasi.

Jumlah pasein retrognatia lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan prognatia di Indonesia, mungkin berkaitan dengan biaya dan kompleksitas tindakan operasi pada prognatia yang berat, dan jumlah kasusnya yang relatif sedikit dibanding kasus lainnya.
Dr. Budiman , SpBP-RE
Spesialis Bedah Plastik, Rekonstruksi dan Estetik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: