Konsultasi bedah plastik. Bersama Konsultan: dr Budiman, SpBP

Konsultasi bedah plastik

Konsultan: dr Budiman, SpBP dari Pro Aesthetic Clinic/Pav Kartika Gatot Subroto

* Tanya:

Gadis usia 21 tahun, payudara saya yang pertumbuhannya tidak maksimal, bahkan kurang dari normal (eksra kecil). Saya sudah mencoba berbagai macam cara tapi tidak pernah berhasil. Dari menggunakan ramuan pil maupun krim tapi tetap tidak ada bedanya. Saya punya penyakit asma, apa itu mempengaruhi pertumbuhan payudara saya? Apakah payudara saya masih tumbuh dengan normal minimal sekepal tangan saya? atau tetap dengan ukuran yang super kecil. Sebentar lagi saya mau menikah, saya tidak ingin mengecewakan suami ( Yanti, Yogyakarta )

Jawab:

Mbak Yanti, perkembangan ukuran payudara dipengaruhi oleh sistem hormonal yang akan terlihat perubahannya pada masa pubertas, dan membesar aktif pada saat kehamilan.. Penyakit asma tidak berkaitan dengan keadaan tersebut.

Bila sebentar lagi anda akan menikah tentu saja diperlukan suatu perubahan drastis pada ukuran payudara anda yang memang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran normal gadis seusia anda. Cara yang paling sederhana adalah dengan menanamkan implant payudara dibalik kelenjar payudara sesuai dengan ukuran yang diinginkan melalui suatu sayatan kecil sepanjang 3 cm di bagian lipat bawah payudara, atau di sekitar areola, dan dapat juga melalui sayatan lipat ketiak.. Pada saat hamil dan menyusui, implant tsb tidak akan berpengaruh banyak terhadap aktifitas payudara anda karena posisinya berada diluar kelenjar payudara.

Ada berbagai macam dan bentuk dan jenis implant payudara. Implant tersebut berbentuk kantong silikon yang didalamnya berisi cairan.garam fisiologis, mau pun kohesif gel silikon. Isi implant tersebut tetap akan berada di dalam kantongnya, kecuali bila dipecahkan, sehingga sangat aman dalam menjamin bentuk dan ukuran payudara yang diinginkan dan dapat dikeluarkan kembali dengan utuh , bila klien menghendakinya.

Operasi penanaman implant dilakukan dalam pembiusan umum, dengan lama perawatan satu hari (One Day Care) dan dikerjakan di kamar operasi dengan sterilitas yang terjamin. Sebelum operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap dan berdiskusi dengan anda tentang ukuran dan bentuk yang diinginkan, sambil melakukan pemeriksaan fisik, dan laboratorium antara lain untuk mengetahui faktor pembekuan darah dan faktor-faktor lain yang akan mempengaruhi proses penyembuhan.

Karena dilakukan dalam pembiusan umum, anda diharuskan berpuasa kurang lebih enam jam sebelum pelaksanaan operasi. Lama operasi berlangsung lebih kurang satu setengah sampai dua jam, dan setelah sadar, anda bisa langsung makan dan minum. Dokter akan memberikan obat antibiotik dan pengurang rasa sakit walau pun nyeri pasca operasi jarang dikeluhkan. Keluhan yang biasa dirasakan klien adalah dada terasa penuh dan tegang dan akan terbiasa dalam dua sampai tiga hari. Sebelum satu minggu sebaiknya jangan dulu mengangkat tangan ke atas. Jahitan diangkat setelah lima atau tujuh hari. Aktifitas olah raga dan mengangkat beban berat, biasanya dapat dilakukan setelah satu bulan. Sebenarnya tidak diperlukan perawatan khusus pasca operasi, namun tindakan massage / pengurutan secara halus bermanfaat untuk melancarkan aliran limfatik payudara tersebut, dan tentu saja dokter akan menunjukkan bagaimana caranya.

Efek samping operasi ini jarang terjadi, kalau pun ada, mungkin berkaitan dengan alergi terhadap obat-obatan yang dipakai, namun dokter akan selalu melakukan test sensitifitas sebelumnya. Lebam dan memar, dapat terjadi pada klien yang memiliki faktor pembekuan darah yang memanjang atau sedang mengkonsumsi obat-obat pengencer darah (golongan aspirin, heparin, dll), obat-obat tersebut sebaiknya dihentikan dulu beberapa hari sebelum operasi. Efek samping jangka panjang adalah terbentuknya kapsul kontraktur dimana implant yang ditanam dindingnya agak mengeras, oleh karena reaksi jaringan akibat perlakuan penanaman yang agak ‘kasar’. Dokter Ahli Bedah Plastik anda, biasanya akan sangat menghargai jaringan dalam melakukan implantasi ini, sehingga hal tersebut dapat dihindari.

Biaya pemasangan implant payudara, bervariasi tergantung tarif masing-masing dokter dan di Rumah Sakit mana tindakan tersebut dikerjakan. (biaya tersebut bervariasi antara 25 juta sd 40 jutaan).

Dr. Budiman, SpBP, Pro Aesthetic Clinic, Jln Raden Saleh no 39 D Cikini Jakarta Pusat.

Tlp/Fax. 021- 31936592

* Tanya:

Saya memiliki masalah dengan payudara saya yang agak kecil. Dok, bagaimana cara membesarkan padahal umur saya 36 tahun, saya belum punya anak. ( Ruroh, Kaltim )

Jawab:

Mbak Ruroh, cara paling baik untuk memperbaiki bentuk dan ukuran payu dara anda adalah dengan cara memasang implant payudara saja. Ada beberapa tipe implant payudara tergantung kebutuhan dan kondisi payudara anda, sesuai dengan penjelasan saya sebelumnya. Hati hati dengan tawaran untuk membesarkan payudara dengan suntikan (biasanya silikon cair).

Seorang dokter tidak akan pernah menyuntikkan cairan silikon ke dalam tubuh karena efek cairan tersebut sangat merugikan, (baca dampak mengerikan penyuntikan silikon cair pada edisi sebelumnya) Cairan jenis apa pun yang disuntikkan ke dalam payudara (termasuk kolagen) tidak akan menetap disitu saja bila tidak berada dalam kantong yang aman, bahkan bila kebetulan masuk ke dalam pembuluh darah besar akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di jantung yang akan menyebabkan serangan jantung mendadak atau menyebabkan emboli paru-paru yang akan menyebabkan sesak nafas mendadak, dan semuanya berujung pada kematian. Di Indonesia telah beberapa kali dilaporkan kasus kematian akibat penyuntikan silikon cair pada payudara yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Jadi sebaiknya carilah dokter-dokter yang berkompeten melakukan tindakan tersebut di kota anda..

Dr. Budiman, SpBP, Pro Aesthetic Clinic, Jln Raden Saleh no 39 D Cikini Jakarta Pusat.

Tlp/Fax. 021- 31936592

14 Balasan ke Konsultasi bedah plastik. Bersama Konsultan: dr Budiman, SpBP

  1. yanthie mengatakan:

    Salam hormat,

    Saya yanthie, punya putra berusia 6 tahun. Sejak lahir ada kelainan pada kulit kelopak mata anak saya sebelah kiri, kalau dilihat sepertinya tidak ada garis lipatan pada kelopak mata sehingga ketika melihat ke arah atas kelopak tidak terlipat. Walhasil bola mata yg berwarna hitam tertutup kelopak mata.
    Setelah saya konsultasikan ke dr di kota saya hasilnya penglihatan bagus, hanya kulit saja yang perlu perbaikan.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah anak saya harus dioperasi?, sebaiknya pada usia berapa?, apa tidak berpengaruh pada bola matanya?
    Trims atas infonya dok.

  2. ade mengatakan:

    Salam hormat, Saya ade (pria)maaf saya mau tanya mengenai brapa biaya untuk implant brest ?ade.wira@gmail.com.Trima ksh atas info nya .

    • Hira Yusopa mengatakan:

      Terima kasih, mohon maaf baru sempat kami jawab. Operasi pemasangan implant payudara berkisar antara 30 sd 40 jt, paket dan sudah termasuk semuanya, lama operasi 1,5 sd 2 jam, Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di rubrik tanya jawab web site kami http://www.proaestheticlinic.com atau blog pro aesthetic clinic di wordpress.com

  3. nenk mengatakan:

    dok sdr sy pernah disuntik cairan kolagen di payudara.skrg ada benjolan,biar hilang benjolannya hrs bgm dok

  4. Hasrul mengatakan:

    Dok sy mau tanya tpi bukan tentang pasang implan ato ttg penyakit. .
    Tapi untk nambh ilmu saja…sy mhasiswa kshatan…
    Tipe2 benang vikrell apa2 saja dan bgaimana pmanfaatanx msing2? Makasih atas jwbnx

  5. Nugroho mengatakan:

    Dokter Budiman saya mau bertanya. Apakah Telinga Caplang itu dapat ditelungkupkan atau tidak ya. Dan jika bisa berapakah biaya yang dibutuhkan untuk operasi semacam itu, terima kasih.

  6. radit mengatakan:

    dokter yang terhormat, saya mau bertanya, saya seorang pria, dan mempunyai masalah pembesaran payudara atau sering disebut ginekomastia, pekerjaan saya pegawai swasta, yang saya ingin tanyakan berapa biaya untuk melekukan bedah untuk ginekomastia, berapa lama saya harus tinggal di rumah sakit????
    terimakasih atas balasannya

  7. iis mengatakan:

    dokter yang terhormat, saya mempunyai anak perempuan berusia 14thn, sewaktu kecil anak saya jatuh yg mengakibatkan bibir bagian atasnya pecah, sampai saat ini masih berbekas yang mengakibatkan struktur bibir tidak rata, yg ingin saya tanyakan bisakah di perbaiki? berapa biayanya? terima kasih

  8. go mengatakan:

    DOK SAYA LAKI2 TPI KOK PUNYA PAYUDARA. GMN SOLUSINYA. SAYA MALU BGT N STRES . TLG BLS KE EMAIL SAYA. THANKS

  9. Fathur mengatakan:

    Pak Dokter yth.keluarga saya punya masalah karean faktor keturunan, kulitnya berubah menjadi putih, saya ingin melakukan operasi plastik khusus untuk bagian wajah, bagaimana caranya dan berapa biayanya. mohon dijawab pada E-mail/web saya tsb.trima kasih.

  10. Erlina mengatakan:

    Dok, saya pernah kecelakaan motor, sehingga bibir atas saya dijahit dan berbekas saya ingin menghilangkan bekas tersebut (seperti tonjolan) dengan operasi, kira2 berapa biayanya, terima kasih

  11. dedy mengatakan:

    dokter…. saya mo tanya. anak saya umur 4 tahun, dan 1,5 bulan yang lalu mengalami kecelakaan dan mengalami luka di bagian hidung dan wajah. total ada sekitar 20 jahitan di sekitar mata dan hidung. di hidung dijahit sekitar 10 jahitan krn terkena kaca, shg lukanya spt teriris pisau. Skrg lukanya sudah agak kering. tetapi bentuk hidungnya tidak karuan krn hanya asal dijahit pada saat pertolongan pertama, & keloidsnya terlihat jelas sekali dihidung dan wajah sekitar mata. Apakah wajah anak saya dapat di bedah rekonstruksi lagi, terutama di bagian hidung spy bekas lukanya tidak terlalu kelihatan. Dan kira2 berapa biayanya untuk operasi tsb. terimakasih

  12. Raldo mengatakan:

    Pak Budiman yang terhormat, saya mau bertanya. Saya memiliki daun telinga caplang sejak lahir. Tiap kali bertemu orang, saya selalu minder. Operasi apa yang cocok untuk menelengkupkannya ke belelakang? Berapa biayanya? Dan apakah bisa dicicil? Tolong di balas ya. Terima kasih

  13. Fina mengatakan:

    Dok, saya punya masalah dengan bibir saya, memang sebenernya saya tdk cacat .tapi saya selalu di ejek dan di hina karena bibir saya tebal dan agak lebar ,saya ingin bibir saya di kecilkan dan saya ingin di bibir atas saya ada lekukannya jadi tidak terlalu terlihat besar.
    saya mohon saran dokter ,saya ingin perubahan ukuran bibir saya dan di bagian atas bibir ada lekukan.
    balas ya dok !
    terimakasih

    saya dari bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: