Konsultasi bedah plastik. Konsultan: Dr. Budiman, SpBP

Konsultasi bedah plastik

Konsultan: dr Budiman, SpBP dari Pro Aesthetic Clinic / Pav Kartika RSPAD Gatot Subroto

* Tanya:

Saya pernah mengalami luka di bagian hidung, akhirnya bentuk hidungku jadi jelek. Apa yang harus saya lakukan agar hidung saya bisa utuh lagi?

(Ama, Sulteng) –

Jawab:

Saudari Ama, bentuk hidung yang berubah mungkin disebabkan oleh karena terdapat perubahan pada bagian tulang hidung tersebut, atau adanya parut dikulit dan bagian lunak hidung (parut hypertrofik). Parut hypertrofik terjadi karena luka yang tidak sembuh dengan mulus. Sayang sekali Anda tidak mendiskripsikan penyebab luka tersebut. Untuk memperbaikinya, Anda bisa datang ke spesialis Bedah Plastik terdekat di daerah Anda tinggal sehingga dokter tersebut akan menganalisa dan melakukan rekonstruksi pada tulang atau jaringan lunaknya.

Mengenai teknik operasi memancungkan hidung,ada banyak tekniknya. Hidung yang pesek dapat diganjal dengan sesuatu yang dapat mengangkat dan mempertahankan hidung tersebut agar lebih mancung. Bahan yang dipakai harus merupakan sesuatu yang padat, bisa terbuat dari tulang, maupun tulang rawan Anda. Atau bisa juga memakai implant silikon padat yang konsistensinya lunak sepereti karet. Bahan padat tersebut bersifat inert, tidak berubah bentuk dan tidak merangsang jaringan sekitarnya, dan apabila dikehendaki dapat diangkat kembali kapan saja. maka hidung Anda pun akan kembali seperti semula.

Teknik yang banyak dipilih biasanya teknik yang menggunakan implant padat silikon. Teknik operasi ini, tampaknya terlihat simpel, sehingga banyak dokter bahkan bukan dokter yang berusaha mencoba dan melakukan operasi tersebut. Tentu saja hasil yang dihasilkan pun beraneka ragam, kadang aspek natural kurang diperhatikan sehingga hidung klien tampak jelas seperti hidung hasil operasi (Operated nose), komplikasi yang ditimbulkannya pun tidak jarang terjadi antara lain berupa hidung yang miring, implant yang keluar dari tempatnya, infeksi dan lain lain yang mungkin disebabkan oleh karena bentuk dan ukuran implant yang tidak cocok, mungkin terlalu panjang, terlalu pendek, terlalu kecil atau terlalu besar, disamping sterilitas pengerjaan yang kurang diperhatikan.

Untuk mencapai keinginan yang diharapkan, sebaiknya hubungi dokter-dokter yang bertkompeten untuk melakukan tindakan tersebut yang telah mengikuti kurikulum yang jelas dalam pendidikan formalnya seperti dalam kurikulum Ilmu Bedah Plastik. Lama. Pengerjaan operasi ini kurang lebih satu jam, dan dapat dilakukan dengan pembiusan lokal tidak memerlukan rawat nginap. Untuk lebih jelas silakan menghubungi dokter anda yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) Bagaimanapun juga hidung anda adalah sesuatu yang sangat berharga, jadi berhati hatilah dalam memilih dan menentukan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: