Konsultasi bedah plastik Konsultan: Dr.Budiman, SpBP dari Pro Aesthetic Clinic

Konsultasi bedah plastik

Konsultan: dr Budiman, SpBP dari Pro Aesthetic Clinic / Pav Kartika Gatot Subroto


Tanya:

Dok, saya ibu rumah tangga berusia 32 tahun. Saya ada masalah di dahi. Di tengah dahi sayantara kedua alis ada garis yang cukup dalam, seperti kerutan sungguh tidak enak dipandang. Apa cara yang harus saya tempuh untuk menghilangkannya? Agar dahi saya kencang dan indah dan berapabiayanya?

Rina Wati, Pekanbaru

Jawab:

Ibu Rina Wati, kerutan didahi memang normal terjadi sesuai dengan bertambahnya umur. Ada beberapa tehnik untuk menghilangkan kerutan tsb antara lain dengan suntikan Botox atau Botulinum Toxin. Botox meruapakan perawatan penunda penuaan (anti-aging) dan penghilang kerut di wajah.

Kerut di wajah erat kaitannya dengan ekspresi wajah. Tersenyum, menangis atau cemberut yang digerakkan syaraf-syaraf wajah. Ekspresi yang dihasilkan oleh kontraksi otot baik akibat gembira, sedih ataupun stres inilah yang menyebabkan pengenduran atau pengerutan kulit.
Botox mampu membuat otot wajah kembali rileks. Biasanya botox dilakukan dengan menyuntikkan larutan Botoxsecukupnya ke beberapa titik wajah yang ingin diterapi dengan bantuan tabung suntik berjarum superkecil. Satu tabung sunting larutan diistilahkan 1 unit. Setiap satu titik wajah biasanya membutuhkan 2-4 unit, tergantung kebutuhan.

Karena tanpa bius, disuntik Botox rasanyasedikit sakit. Namun akan hilang dalam hitungan detik. Dua-tiga hari kemudian, efeknya akan kelihatan. Kerut-merut wajah tak tampak lagi. namun hasilnya tidak permanent. Karena ketika efek Botox hilang dalam 3-4 bulan harus disuntik lagi.

Setelah itu daya kerja Botox hanya mampu bertahan 3-6 bulan sejak penyuntikan. Agar Botox bekerja lebih efektif dan tahan lama, penyuntikan harus dilakukan secara rutin. Dalam setahun, mungkin diperlukan 2-3 kali penyuntikan.

Alternatif lainnya adalah dengan penarikan memakai benang (Counter threads atau APTOS, dll). Benang APTOS dipasang setelah pembiusan lokal, dengan bantuan jarum, benang dimasukkan ke jaringan ikat di bawah kulit (subkutis). Kemudian jarum dikeluarkan dan benang ditinggalkan di dalam kulit. Dalam waktu sebulan, kolagenisasi (pembentukan Kolagen, yaitu bahan penunjang utama dalam kulit) akan terjadi. Benangpun lama kelamaan akan menyatu dengan jaringan kulit. Dan kulitpun akan menjadi kencang.

Setelah tindakan yang memakan waktu 30-60 menit (tergantung pada area yang akan dimasuki benang) tersebut, Anda akan mengalami sedikit pembengkakkan yang akan hilang dalam beberapa hari. Tidak ada perawatan khusus setelah tindakan, bahkan keesokkan harinya Anda sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Anda juga disarankan untuk tidak memijat kulit terlalu keras, membuat ekspresi wajah yang berlebihan, serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas selama dua sampai tiga minggu. Ini karena selama waktu itu benang belum menyatu dengan kulit. Sedangkan makanan dan minuman yang panas bisa mengganggu proses kolagenisasi.

Efeknya relatif lama s/d 3 tahunan dan yang lebih tahan lama adalah dengan operasi Face Lifting Klasik, namun mengingat usia Anda masih muda 32 th yang paling cocok menurut saya adalah injeksi Botox atau penarikan dengan benang saja.Mengenai biaya tergantung rumah sakit atau klinik tempat Anda melakukan perawatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: