Tanya Jawab Operasi Rahang dan Dagu

Tanya jawab: dr. Budiman, SpBP

( Salah satu dokter spesialis bedah plastik di Pro Aesthetic Clinic )

Tanya:

Saya, Pria 23 tahun. Profil wajah saya kurang bagus, pada bagian rahang dan dagu, yang membuat saya kurang PD dalam keseharian.Saya ingin  memperbaiki profil wajah menjadi lurus.  Saya telah mencoba memperbaiki susunan Gigi dengan memakai behel, namun perubahan profil wajah menurut saya masih kurang. Saat melihat wajah saya dari samping, ternyata salah satu penyebabnya adalah dagu saya yg terlalu mundur sehingga rahang pun terlihat maju…

Jadi saya ingin mengetahu mengenai Operasi dagu (mentoplasty) dan bagaimana caranya? Saya jg memperoleh  informasi di internet mengenai implant yg digunakan, yaitu Implant silikon padat dan dari tulang rawan, kira apa perbedaanya Dok? Apakah ada efek samping dengan menanamkan implant silikon padat?apakah hasilnya permanent, atau implant tersebut suatu saat harus diganti?  Oh iya Dok, saat ini sy jg masih memakai kawat gigi, jika saya melakukan operasi dagu, apa tetap bisa dilakukan? Dan kalau bisa saya ingin kira2 berapa besar biaya operasi tersebut dan berapa lama jangka waktu penyembuhannya, sehingga saya bisa mempersiapkan waktu dan biayanya sekarang…
Mohon penjelasaanya, Dok!!!Terima kasih banyak

Jawaban:

Selamat sore Mas. Dagu yang terlalu mundur (retrognatia) kadang memberi kesan kurang smart, biasanya kita atasi dengan berbagai cara, antara lain:

1. Dengan memajukan sebagian segmen tulang rahang bawah ke depan (sliding genioplasty), operasi ini permanen dan dilakukan dengan pembiusan umum karena dikerjakan penggergajian segmen rahang tersebut, dan dipasang mini plate dan skrup kecil untuk mempertahankan posisi tsb. Operasi ini lamanya 4 jam di Rumah Sakit besar seperti RS RSPAD/ Pav Kartika, RS Jakarta, termasuk operasi besar / khusus dibuat sayatan dari dalam rongga mulut sehungga tidaj terlihat dari luar.setelah operasi dirawat sekitar 2 hari.Karena melibatkan dokter anestesi dan menggunakan alat mesin pembiusan, tentu biaya lebih besar, dan memerlukan pemeriksaan yang lebih rinci sehubungan dengan tindakan pembiusan tersebut.(Besar biaya tergantung din Rumah Sakit mana dikerjakannya rata-rata antara 30 sd 35 jt) Dikatakan permanen karena tulang yang disliding tersebut sulit untuk dikembalikan ke bentuk semula, dan tentu saja kalau mau dikembalikan harus dilakukan operasi seperti operasi pertama.

2.  Dengan memasang implant dagu ( terbuat dari silikon rubber/padat ) melalui luka sayatan di dalam rongga mulut atau melalui sayatan sepanjang 1 cm dibawah dagu. Operasi ini cukup dikerjakan dengan pembiusan lokal, dapat dikerjakan di klinik kami, tidak memerlukan persiapan khusus seperti operasi pertama. Implant yang ditanam bersifat innert, tidak menimbulkan reaksi jaringan, bila pada suatu ketika ingin dilepas dapat dikerjakan dengan pembiusan lokal lagi dan bentuk dagu pun kembali seperti semula. Sebelum  operasi tentu saja akan dilakukan pengukuran dan pemilihan implant yang sesuai besar dan bentuknya dengan dagu yang diidamkan, biasanya kita lakukan pencetakan dagu tersebut dengan membuat model cetakan dagu anda,kemudian dipilih implant dan dilakukan perautan implant agar pas dengan kontur tulang sehingga imlpant tidak mudah berubah posisi. Biaya operasi ini lebih hemat rata-rata berkisar 10 sd 12 juta. Lama operasi 1,5 jam dan bisa langsung pulang. Untuk lebih jelas, silakan datang ke klinik kami, nanti akan kami perlihatkan ilustrasi operasi tersebut. Terima kasih telah mengunjungi web site ini.

Tanya:

Terima kasih banyak atas penjelasannya…
Saya ingin mengajukan pertanyaan lagi dok, untuk meperbaiki profil wajah yg lurus, selain operasi dagu, apakah bedah rahang juga bisa memperbaiki profil wajah, misalnya memundurkan rahang? bagaimana pelaksanaannya dan berapa lama prosesnya? apakah bisa dikerjakan di klinik anda, terima kasih
mohon penjelasanya lagi, dok!

Jawaban:

Operasi bedah rahang memajukan atau memundurkan dengan cara memotong tulang tentu harus di rumah sakit dengan pembiusan umum yg alatnya lengkap, di klinik kami tidak melakukan bius umum, jadi hanya operasi yang dikerjakan dengan bius lokal saja, untuk lebih jelas bagaimana profil wajah anda saya harus lihat dulu agar dapat berkomentar, kalau dari luar kota coba kirimkan foto wajah dari depan dan samping ya, mengenai biaya tergantung faktor kesulitan dan lamanya operasinya. Terimakasih

Tanya:

Terima kasih dok,
maaf jadi merepotkan, ini saya coba kirim foto wajah saya dari samping dan depan. Mohon penjelasan, tindakan yg bisa dilakukan…

Jawaban:

Mas, saya sudah lihat fotonya, teknik paling simpel adalah dengan memasang implant dagu yang agak melebar ke samping belakang, sehingga dari samping akan tampak dagu lebih maju dan dari depan akan tampak wajah jadi tak terlalu panjang, nanti akan kita cetak dulu seluruh wajah kemudian kita animasikan seberapa besar bentuk dan ukuran implantnya. Terimakasih

Tanya:

Ok, Makasih banyak ya dok, atas penjelasannya… Nanti saya akan mencari waktu untuk berkunjung ke klinik anda. Kalau operasi pemasangan implant, kira2 penyembuhannya berapa lama dok! Dan kalau boleh tahu jenis2 implant apa aja, dan kira apa yang paling bagus! dan operasi ini apakah sifatnya bisa permanen kecuali suatu saat implant ingin dilepas
Terimakasih ya dok…

Jawaban:

Operasi ini satu minggu sudah sembuh artinya jahitan sudah dapat diangkat, bengkak sudah hilang, pemasangan implant memang permanen kecuali bila ingin dicabut suatu saat bisa saja, implant dagu lebih bervariasi, tergantung bentuk dan ukurannya, harganya juga bervariasi tidak seperti implant hidung yang harganya relatif sama. Yang kami pakai buatan Brazil. Terimakasih

40 Balasan ke Tanya Jawab Operasi Rahang dan Dagu

  1. jefry mengatakan:

    dok, saya..ingin berkonsultasi sesuatu..

    gigi rahang bawah saya agak maju kedepan..tapi sudah di tangani dengan behel..giginya sudah masuk,, jadi posisinya sekarang gigi bawah sudah di dalam dan gigi atas sudah di luar (tadinya gigi atas di dalam, gigi bawah di depan)..
    bagaimana solusinya agar rahang bawah saya bisa rata lurus..?
    oh yach..saya sudah memakai behel..tetapi apa ada kemungkinan rahang saya semakin maju seiiring pertambahan umur?

    terima kasih banyak dok sebelumnya..

    • Hira Yusopa mengatakan:

      Mas Jefry, tks kunjungannya, tipe rahang anda termasuk tipe maloklusi klas III, penanganannya tidak cukup dengan orthodonti saja spt yg telah dilakukan(dg pemasangan behel), barangkali ada segmen tulang dagu yg harus dipotong dan digeser ke belakang agar posisinya harmonis, biasanya kita buat foto cephalometri utk mengukur seberapa jauh tulang dagu harus mundur, bertambahnya umur tdk akan lagi merubah posisi rahang krn anda sdh dewasa dan ptumbuhan sdh relatif berhenti, apa bisa dikirim foto wajah persis dari smping dan foto gigi anda saat mengatup, tks

  2. teresa mengatakan:

    dok,saya ini seorang anak berumur 17th..
    saya punya masalah dengan keseluruh mulut dan dagu saya…
    pertama saya cameuh,kdua susunan gigi sya tidak rapih,ketiga dagu saya tidak simetris dengan hidung…hal ini selalu membuat saya minder….
    dan perlu dokter ketahui sewaktu sya kecil,sya tidak punya gangguan dengan itu,gigi saya rapih,tidak cameuh dan juga dagu simetris dengan hidung..dagu saya mulai berubah karena sya punya kondisi keluarga yang kurang baik sehingga hal itu membuat saya marah dan depresi,sehingga bila sya sedang marah badan saya jadi kaku dan juga dagu saya seperti orang stroke..

    tolong dok,dibalas secepatnya…sya butuh kepercyaan diri lagi…

    • Hira Yusopa mengatakan:

      Selamat pagi mbak, dagu yang cameuh istilah medisnya maloklusi klas III, (mohon maaf dg kata lain seperti cakil) dapat diakibatkan karena pertumbuhan alami rahang yg tidak simetris atau mungkin juga oleh
      karena bakat/ keturunan. Penanganannya biasanya dengan cara reseksi/memotong sebagian rahang bawah, kemudian digeser ke belakang, dilanjutkan dengan tindakan orthodontis (pemasangan behel oleh dokter gigi) untuk meratakan gigi geligi nya agar rata dan ketemu dengan baik sebagaimana layaknya rahang normal. Pertumbuhan rahang tersebut sebenarnya tidak ada kaitan sebab akibat dengan kondisi psikis, namun sebaliknya keadaan tersebut justru dapat mengakibatkan perkembangan
      psikis berupa kurangnya kepercayaan diri anda. Tindakan operasi dilakukan dalam pembiusan umum di RS besar tidak dilakukan di klinik. Untuk lebih jelas coba kirimkan foto wajah anda dari samping dan depan, agar kami dapat gambaran kasar sebelum dilakukan pemeriksaan lebih rinci. (Tim dokter proaesthetic clinic)

  3. ivan mengatakan:

    halo dokter,

    saya punya masalah yang sama dengan mbak teresa diatas, yang mana dagu/rahang bawah saya maju kedepan. Dan jg menurut saya posisi rahang atas dan bawah gk simetris, jd kadang2 mukosa (kalo bnr istilahnya) samping suka kegigit.
    Utk mengatasinya kan harus dipotong dan digeser ke belakang. Nah pertanyaan saya, itu berapa lama prosesnya dari persiapan + setelah operasinya dan kira-kira berapa besar biayanya ? dan apakah nanti bakal ada bekas luka yang terlihat di pipi atau di bagian yang dibuka ?

    masalah kedua lainnya adalah saya berumur 23 thn dan masih ada 2 gigi susu di depan. Yg satu sudah goyang dari dulu (sekitar 4-5 thn) dan yg satu masih kuat. Sdgkn gigi yg shrnya muncul, ada di gusi atas nya dan agak menonjol (tp jg gak keluar2). Apakah dgn operasi hal ini bisa diatasi ? saya gak mau punya gigi susu selamanya yg mana gigi susu kan biasanya jelek dan rusak.

    terima kasih sebelumnya dok

  4. INDRA mengatakan:

    DOK SAYA BISA MINTA INFORMASI DOKTER SPBP YANG BAGUS DI SURABAYA UNTUK PEMASANGAN IMPLANT DAGU.KASUS SAYA SAMA DENGAN KASUS PALING ATAS (MENTOPLASTY). SAAT INI SAYA JUGA PAKE BEHEL DAN PEMASANGAN BEHEL BIAYANYA BISA DICICIL.DAN APAKAH UNTUK OPERASI IMPLAN DAGU ITU BIAYANYA BISA DICICIL?

  5. Irwan Wijaya mengatakan:

    halo dokter, saya Irwan 20 tahun. Saya ingin bertanya tentang operasi dagu dan rahang bawah, ukuran dagu saya relatif agak panjang dan sedikit maju (nyameh) saya ingin melakukan operasi memperpendek dagu dan memundurkan rahang bawah, kira kira untuk biaya operasinya berapa ya dok dan penyembuhannya membutuhkan waktu berapa lama?

    terima kasih sebelumnya

  6. setia budi mengatakan:

    saya mengalami kecelakaan thn 1996 lalu,tulang dagu saya patah dan mulut tidak dapat di buka jadi selama ini saya hanya makan lewat gigi yang patah. dengan keadaan seperti ini apakah saya masih punya jalan untukdi operasi sehingga mulut saya dapat dibuka?

  7. yudith mengatakan:

    dok saya mangalami maloklusi klas III.
    untuk biaya operasinya kira-kira berapa ya dok.
    dan masa penyembuhannya butuh berapa lama?

    makasi ya dok.
    saya butuh jawabnnya secepatnya, karena rencananya saya akan melakukan operasi secepatnya.

  8. yudi fatrian mengatakan:

    asslm dok, saya berusia 26 thn saya punya masalah dengan gigi yg agak maju, sehingga postur dagu saya terlihat sangat tidak menarik. Apakah dengan pemasangan kawat gigi masalah saya bisa teratasi?, dan bagaimana solusinya untuk gigi yang oversize?, terimakasih sebelumnya…!
    dan gigi oversize, kira-kira dengan pemasangan kawat gigi masalah saya apakah bisa teratasi? Dan bagai mana solusinya untuk gigi yg oversize?, terimasih sebelumnya.

  9. Ganes mengatakan:

    dok, saya minat nih untuk implant dagu, biayanya skarang brpa? dan alamatnya dimana dok?

    tq

    ganes

  10. warda.farida mengatakan:

    dookk,, saya sdikit nyameh.. awalnya saya normal tetapi saat numbuh gigi depan, gigi saya berantakan n mengharuskan saya untuk nyameh agar gigi atas saya tidak mundur karena ketahan oleh gigi bawah saya.namun karena kbiasaan, rahang saya menjadi nyameh dan saya jd tidak pede.
    Apakah penggunaan behel dapat membantu saya,dan berapa lama prosesnya.?
    jika tidak,dmnkah ada operasi rahang n brapa biayanya.?
    trimakasih bnyak dok..

  11. Abu mengatakan:

    Assalamuaikum, Dok!
    Saya Abu, 19 tahun. Baru semester 4 sekarang. Aku pengen tanya. Dagu saya terlalu kecil dan miring ke dalam sehingga kalau dilihat dari samping bentuknya kurang bagus. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membuatnya simetris dan panjang (semisal makanan, gerakan2, atau pola hidup tertentu). Terima kasih Dok. Semoga Alloh melipatgandakan pahala Pak Dokter.
    Wassalamualaikum, wr.

  12. aya mengatakan:

    Selamat sore dok,

    saya mau bertanya seputar rahang, saya cewek berumur 24 tahun, lebih kurang 2 tahun yg lalu sewaktu menggosok gigi, rahang saya rasa terlepas dikarenakan terlalu besar membuka mulut dengan bunyi spt ada yg patah, sejak saat itu saya selalu merasakan sakit kepala yang hebat, wkt diperiksakan ke ahli patah tulang(alternatif) katanya rahang saya jatuh ke kanan dan dy menarik rahang saya kuat, awalnya agak mendingan dari biasanya tp satu sampai 2 minggu balik lg ke semula,rahang saya tetap tidak berubah dan kalau makan susah menggigit dan mengunyah karna geraham atas dan bawah sudah sangat timpang (tdk nyatu), selama ini saya takut periksa kedokter krn takut mendengar kata operasi (saya paranoid sama darah), kira2 apa yang mesti saya lakukan dok? klo memang jalan akhir harus bedah mulut/rahang bisa kasi gambaran bedah rahang itu spt apa dan berapa biayanya?

    makasi banyak ya dok

  13. maria wijaya mengatakan:

    dok….mau nanya, clinic ini belum ada di Sby ya??
    atau mungkin tau, dimana saya bisa tanya2 kl di Sby…
    saya memiliki rahang yg sedikit maju ke depan, tidak terlalu parah sih, tp cukup mengganggu kepercayaan diri saya…
    saya sdh pernah di coba u/ di kawat, tp sepertinya hasilnya kurang maximal…. tapi gigi saya rata, tidak berantakan.
    tlg tips’nya, dan kira2 biaya’nya kena berapa klo operasi?thx…

  14. Resta mengatakan:

    Dok, saya Resta umur 19 th, profil wajah saya kurang bagus rahang saya terlalu besar di bagian bawah,sehingga wajah terlihat lebar saya ingin menjalankan bedah rahang ini, saya ingin wajah saya terlihat tirus, kira-kira dengan cara apa operasinya? dan kira2 berapa biayanya dok? thanks

  15. puspa sari mengatakan:

    Dok..tolong tanya..saya memiliki masalah dengan rahang bawah saya(rahang bawah lebih maju daripada rahang atas) dan jika dilihat dari depan…rahang kanan dan kiri tidak simetris..dulu sewaktu umur 12-15 pernah memakai behel…dan gigi sudah bisa mengatup dgn baik (gigi atas di depan gigi bawah) tapi skrg (saat ini usia saya 21 th) susunan gigi mulai berubah kembali..antar gigi dan gigi tidak rapat(ada sela sela nya) dan gigi bawah kembali lebih depan daripada gigi atas..dan ditambah dagu yg maju..membuat saya tidak pede..kalo boleh tanya gimana cara penanganannya dok? apa harus d behel lg? klo d operasi..dimana saya bisa melakukan operasinya dan berapa harganya? mohon bantuannya dok…

  16. alan mengatakan:

    dok,sya alan umur 21 thn, saya punya masalah gdn rahang, yg dmna rahang saya besar ke sebelah kiri.
    yg sya perhtikan trnyta bagian tubuh sebelah kiri sya lbh besar di banding yg kanan.
    sya suka merasa minder dan kurng PD , krna sy bkerja sbgai spb. yg dmna slalu brtemu dgn orang bnyak .
    mhon soluinya, dan brpa biaya ubtuk pengoperasian rahang. trma ksh bnyak.

  17. waty mengatakan:

    saya waty umur 22 tahun, saya mempunyai masalah dengan wajah yang lebar dan kotak
    saya minta solusinya dan biaya yang harus saya siapkan
    saya mengharapkan balasan segera dok,

  18. indah mengatakan:

    dok saya mau nanya, hidung saya memang tidak mancung tapi dulu tidak kelihatan patah, sekarang saat saya berumur 23 th terlihat patah hidung saya padahal saya tidak pernah terjatuh, cuma memang saya sering ikut facial dan facial itu hidung saya dipencet2 untuk menghilangkan komedo, dan saya suka mengkucel hidung saya kalo lagi flu, apakah karena itu hidung saya jadi ada patah ditengah dok?? apa solusinya dok utk mengembalikannya seperti semula, saya tidak ingin mancung asal tidak keliatan patah saja sudah cukup.

  19. resha mengatakan:

    saya resha berumur 16 tahun,saya mempunyai masalah dengan rahang bawah saya yang maju kdepan ato biasa d katakan cameuh,saya jadi tdak pede dok,saya sudah mencoba mmperbaiki dngan mmakai behel tpi apakah cara ini ampuh??dan dok apakah d umur saya yg bru 16 tahun prtumbuhan rahang masih akan brtmbah??klo ada cara apa yang hrus d tempuh utk mmperbaiki rahang saya selain mmakai behel?brapa biayanya dok????

  20. Handy mengatakan:

    dok saya mau tanya kan rahang bawah saya maju, tapi gara2 lidah saya yang suka saya mainin waktu kecil. itu kira kira bisa di mundurin lagi ga ya(seluruh keluarga saya gak ada yg rahang bawahnya maju), tapi tanpa behel, jadi operasi….??? trus biayanya klo ada operasinya kisaran berapa ya???

  21. karin mengatakan:

    dok
    saya karin umur 17 tahun
    saya memiliki muka rata dan dagu yang maju serta panjang(kata org seperti nenek sihir)
    jadi oprasi apa yg harus dilakukan dan brp biayanya dok?

  22. jamal mengatakan:

    Malam dok. Saya mau tanya nih, wajah dan rahang saya sebelah kiri lebih besar dok, begitu pula dgn bagian dadanya, dari pada bagian kanan dok. Memang saya pengguna kidal, tp saya jadi merasa tidak pede waktu berpoto dari depan, wajah saya besar sebelah. Satu lagi rahang gigi saya yg bagian atas lebih maju ke depan. Solusi nya bagaimana dok?
    Sebaiknya di balas ke email saya dok, dan sekalian dengan anggaran pembiayaannya ya dok.
    Terima kasih dok.

  23. Ardi mengatakan:

    Dok .. Saya ingin bertanya tentang masalah pada wajah saya . Saya memiliki wajah yang tidak simetris, yg membuat saya kurang PD . Pada bagian wajah sebelah kanan saya terlihat Bgian rahang, pipi dan dagu sedikt lebih lebar di banding yang kiri begitu juga pada struktur gigi saya. Dan pada bagian hidung saya miring ke sebelah kiri dan terlihat lebih kecil di banding yang kanan , sehingga terliahat aneh . . Apakah semua itu dapat di perbaiki dengan melakukan oprasi atu hanya dengan memasang bhel gigi saja mohon bantuannya secepatnya dok .

  24. robi mengatakan:

    dok saya pria umur 23 punya masalah dengan bntuk wajah yang kurang simetris terutama rahang , bagian kiri sedikit lebih besar dari kanan , sehingga mengganggu percaya diri saya .. mohon solusinya , apabila mesti operasi ,operasi apa yang mesti saya lakukan , berapa biayanya dan buth berapa lama penyembuhannya .
    sebelumnya trima kasih bnyak dok..

  25. vicky mengatakan:

    dok… sy cowok usia 17 thn..
    sy pnya keluhan… bgini dok, sy melihat di crmin trnyata dagu sy tdk simetris dgn hidung… trus rahang bawah kiri sy lbh besar atau lbh pnjg dri pd rahang bwh kanan sy…. hal itulah yg membuat susunan gigi sy tdk tratur…
    bgaimana cr membuat agr wjh sy bs sperti wjh org normal?? klu hrs operasi , brpkah biayanya????
    thx dok

  26. taufik mengatakan:

    sore dok,
    saya pria 26 tahun,
    bentuk dagu saya masuk ke dalam, ini sgt mengganggu saya, saya pernah melakukan augmentasi dagu di singapore dg menambahkan silikon padat melalui bawah dagu saya……..setelah operasi hasilnya lumayan, tetapi sekarang sudah 3 tahun berjalan kalau sy perhatikan kok bentuknya sedikit ambles/masuk ke dalam lagi ya dok walaupun tidak separah dulu…….pertanyaan saya: apabila saya melakukan sliding genioplasty / memajukan tulang rahangg bawah dan diberi skrup apakah hasilnya bisa lebih maksimal………setelah operasi besar sliding genioplasty saya dengar informasi, kita tidak boleh makan selama 40 hari apakah itu benar dok??

    tolong reply message saya ke email saya secepatnya…………..

    terima kasih banyak dok…….

  27. eunike mengatakan:

    dok saya eunike,26thn.
    saya ingin bertanya, rahang bawah saya agak maju.
    jadi kalo mengatup gigi atas dan bawah tidak betemu (ada sedikit celah)
    saya dengar kondisi ini bisa ditangani dengan operasi pemotongan rahang bawah.
    yang saya ingin tanyakan adalah :
    1. apakah ada efek yg berbahaya soal operasi ini
    karena saya membaca beberapa artikel yang telah melakukan operasi seperti ini, (bahkan dengan dokter amerika yg ahli) mereka berpendapat ada kemungkinan besar 90% bahwa pasien akan mengalami mati rasa daerah rahang bawah seumur hidup pasca operasi, akibat banyak syaraf yg terpotong saat operasi.

    2.kurang lebih berapa biaya operasi ini ,apakah harus rawat inap atau bisa langsung pulang 1 hari saja

    3. ada rekomendasi dokter/rs yg ahli soal ini di indonesia ????

  28. Mr. Y mengatakan:

    Malam dok, saya ingin menanyakan, pada bagian leher saya, terdapat lemak, sehingga saya terlihat sangat chubby pada bagian leher. dan berkesan tidak mempunyai leher yang panjang. untuk permasalahan ini, ada solusi lain gak dok, selain harus operasi? atau hanya sedot lemak saja di bagian leher? dan jika memang di sedot, ada kemungkinan untuk kembali lagi?

    terima kasih sebelumnya.

  29. dzofar mengatakan:

    kira kira dulu pas SD saya pernah terjatuh ketika main lompat tali, jatuhnya miris sekali karena yang pertama menyentuh tanah adalah dagu saya..

    sejak itu, dagu saya terlihat miring dan tidak simetris. Saya membiarkan saja sampai saya berumur 27 tahun..

    Saya merasa kurang percaya diri kalau diphoto dari depan. Karena pipi saya sebelah kanan akan lebih besar dibanding sebelah kiri.

    Ketika mulut menganga, akan terdengar “klik”, demikian juga ketika mengembalikan ke posisi semula.

    Barusan, aku berkaca sambil mulut menganga, iseng iseng aku raba pipiku dari dalam rongga mulut. Ternyata ada yang aneh. Ketika pipi kiriku bagian dallam aku raba, ternyata hanya kulit saja, tidak demikian halnya dengan pipi kanan bagian dalamku yang ada dagingnya..

    Apa yang terjadi sebenarnya Dok? mohon penjelasannya ya… dan seperti biasa, biaya pembenahannya berapa ya?

    Terimakasih banyak atas jawabannya..

  30. SHANTY mengatakan:

    Siang Dokter, saya wanita umur 22th. saya punya masalah
    dengan payudara saya, setelah melahirkan dan menyusui
    payudara saya jadi meengecil apalagi kalau waktu sedang berbaring, karena badan saya kurus malah jadi kelihatan datar kayak ga punya payudara aja, saya punya penyakit asma dan golongan darah AB. kalau saya melakukan operasi berbahaya ga Dok? saya minta solusinya dan biaya yang harus saya siapkan
    saya mengharapkan balasan segera dok.

  31. Ade mengatakan:

    Dok Saya Punya masalah mengenai penebalan tulang rahang, saya sudah cek ke dokter, katanya itu alami, Apakah bisa untuk operasi tulang rahang saya agar dapat simetris antara pipi kiri dan kanan, Serta nberapa biaya yang di perlukan untuk operasi tersebut, terima kasih

  32. aris mengatakan:

    dok saya pria umur 21thn punya masalah dengan dagu yg miring…..
    sehingga kalo dilihat di depan kaya yg bengkak pipi.
    ini sunguh menganggu saya terutama percaya diri……………….
    apa ada cara untuk menormalkan lagi dok…???

  33. Fahriandra Colmeet mengatakan:

    dokternya masih bisa bedah, ini blog sudah lama iahh?? 2009 ???
    tolong balas dok, kalo bisa saya minta nomor tlpnya secepatnya !!!
    saya butuh dokter. terimakasih.

  34. desmi elita anwar mengatakan:

    Dok, sy mau tanya..pipi kanan dan pipi kiri sy tdk simetris, pipi kanan lebih besar n spt sakit gigi. Sy sdah pakai behel 3 thn, tp tdk brpngruh trhadap pipi, sehingga kalo sy bicara bibir sy spt naik kearah sbelah kiri n trun sbelah kanan. Bagaimana dok? Apakah ini ada pengaruhnya dr rahang.., atau krn ada pembengkakan otot? Mhn jwbannya dok, krn sy bnr2 tdk pede.

  35. anidar mengatakan:

    Dok, Saya mau nanya. Umur saya sudah 39 tahun, rahang atas saya lebih maju dari pada rahang bawah, otomatis gigi saya juga maju. Dok apakah keedaan ini masih dapat dikoreksi dengan menggunakan kawat gigi.

  36. aling mengatakan:

    halo dok, umur saya 19thn seorang lelaki. Saya mengalami masalah pada rahang dan pipi saya. rahang bawah saya terlihat miring ke samping kiri Sehingga pipi saya terlihat besar sebelah kanan. hingga itu membuat saya ngak PD. saya mau nanya DOK,apasih yang membuat pipi saya terlihat miring kesamping….? Mohon jawabanx dok….ya…. Terimah Kasih Banyak

  37. Rita Rusmalina mengatakan:

    Selamat siang Dokter Budiman,saya rita pasien dokter di RS.Gatot Subroto saya mau menanyakan tentang hidung saya yang pada waktu kecelakaan itu jadi patah masih bisa kah hidung saya kembali seperti semula,dan berapa biaya yang harus saya keluarkan.Terima kasih Dokter Budiman.

  38. Rita Rusmalina mengatakan:

    Selamat siang Dokter Budiman,saya rita pasien dokter di RS.Gatot Subroto saya mau muka yang yang sekarang jadi bulat setelah operasi,dagu saya menjadi bulat yang tadinya lancip,mata saya sebelah kiri turun kelopak matanya menjadi kedalam apa bisa kembali seperti muka saya yang dulu Dok,berapa banyak saya harus menjalani operasi plastiknya,biayanya berapa ya Dokter Budiman,terima kasih ya Dokter.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

