Tanya Jawab Operasi Cangkok Bulu Mata

Tanya jawab: dr. Budiman, SpBP

(Salah satu dokter spesialis bedah plastik di Pro Aesthetic Clinic)

Pertanyaan:

Saya berkeinginan mengcangkok bulu mata. Dapatkah saya di beri informasi  lengkap tentang operasi cangkok bulu mata. Terimakasih atas jawabannya.

Jawaban:

Selamat sore bu, terimakasih atas pertanyaannya. Mohon maaf baru sempat kami jawab karena kesibukan kami, cangkok bulu mata kadang dapat dijadikan solusi untuk pengganti extention bulu mata yang ribet dan harus bolak balik ke salon, belum lagi saat pencabutan sisa bulu mata buatan tersebut sering bulu mata aslinya ikut rontok, dengan cangkok dari rambut sendiri sifatnya lebih permanen, namun kita harus rajin memotong bulu mata baru tersebut agar tidak terlalu panjang. Bulu mata yang ditanam dapat diambil dari rambut di belakang (tengkuk) pada batas garis rambut, dari bulu kemaluan, ketiak, yang penting dari tubuh sendiri. Operasi dapat dengan bius lokal artinya pasien tetap sadar. Mula-mula dilakukan pengambilan donor rambut/bulu dengan membuat sayatan elips di daerah donor, sisa defek tersebut dijahit sehingga parutnya berbentuk garis lurus. Setelah itu pasien boleh istirahat dulu(pengambilan dan penjahitan donor kira kira 30 menit. Kemudian tim dokter akan memilah milah bulu yang bagus untuk dicangkok dengan kaca pembesar, selama 2 jam. Setelah semua siap pasien dipanggil lagi untuk operasi penanaman selama 1,5 jam dan terpasanglah bulu mata cangkokan tersebut. Setelah operasi pasien boleh pulang, mata tak perlu dibalut, namun harus dikompres dingin semalaman. Pasien harus hati-hati saat membuka mata pada pagi harinya agar tak ada bulu yang tercabut. Setelah beberapa hari dokter akan membantu membersihkan bulu mata tersebut dengan hati-hati. Kadang dalam 1 sd 2 minggu ada beberapa helai bulu yang terlepas bila kita tidak hati-hati. Disini sangat penting perawatan sendiri pasien agar hasilnya baik seperti harapan. Karena bulu tersebut diambil dari tempat lain dia akan tumbuh panjang sehingga kita harus memotongnya secara periodik, dokter akan ajarkan bagaimana caranya. Demikian penjelasan kami.

Pertanyaan:

Mohon info teknis pencangkokan bulu mata,berapa lama prosesnya dan berapa biayanya? Terimakasih

Jawaban:

Selamat mlm mbak, mhn maaf baru sempat kami balas, cangkok bulu mata kita mbil donornya dari rambut sendiri atau dari bulu kamaluan biasanya lebih bagus, dapat dg bius lokal, biasanya kita ambil dulu bulu rambut donor, 30 menit, kemudian klien istirahat selama 2 jam, boleh makan minum dulu, sementara tim operasi memilah dan mempersiapkan bulu yg kwalitasnya baik dan cantik, setelah itu klien dipanggil lagi dan dilakukan ops pemasangan selama 1,5 jam, stl ops mata tdk perlu ditutup, cukup dikompres semalaman, stl 5 hari klien kontrol utk dilakukan pencucian dan pembersihan bulu mata baru dari salep dan bekuan darah kalau ada, bulu tsb akan tumbuh dan klien akan diajarkan cara merawat dan memendekkan sesuai selera, utk lebih jelas silakan hub sala satu dokter di klinik kami

( dr. Budiman,SpBP)

4 Balasan ke Tanya Jawab Operasi Cangkok Bulu Mata

  1. Chitra mengatakan:

    Stelah membaca ini saya ingin sekali mencangkok bulu mata saya yg tipis, sdikit & pendek ini. Kira2 brp harga utk pencangkokan bulu mata & di mana dokter ahli yg tepat mengenai masalah ini krn tdk smua dokter surgeri bisa melakukan pancangkokan bulu mata. Mohon blsannya, trima kasih..

  2. Ami mengatakan:

    Sya mempunyai mslh spt mb citra. Kira2 brp y hrgany?

  3. tian mengatakan:

    saya mempunyai masalah yang sama juga.kira2 berapa harganya? apakah perlu kontrol khusus setelah 5 hari itu?
    terima kasih.

  4. YANTI mengatakan:

    mau tanya brp harga ny tuk cangkok blu mata dan apakah juga bulu mata yg dibawah mata ? adakah cabang yg di jogja agar tdk jauh tuk kejkt dan tinggalin kerjaan . tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: