Bahayanya Penyuntikan Silicon Cair atau Paraffin (sejenis minyak) ke Alat Vital

Pertanyaan:

Dengan hormat,
Bersama ini kami kirimkan foto dan klip film dari kondisi alat vital saya, mohon dokter menanggapinya dan mohon masukan serta informasinya.
Adapun ada beberapa hal ingin saya tanyakan berkaitan penyakit/masalah kami ini :

1. Apakah penanganan di klinik ini bisa menyembuhkan normal/sperti sediakala kondisi AV
saya.
2. Berapakah biaya yang diperlukan untuk penyembuhan AV saya ini dan membutuhkan waktu
berapa lama dan dokter apa saja yang terlibat.
3. Bila terjadi operasi berapa lama dari waktu persiapan sampai dgn selesai dan saya
boleh pulang.
4. Apakah klinik ini menyediakan Askes..
5. Mohon bantuan dokter biaya yang terjangkau oleh kami.
Sebagai informasi mengenai AV saya sbb :
• Saya melakukan penyuntikan sudah kira-kira 45 hari yg lalu (saya tidak tahu apa yang
disuntikkan karena terpengaruh dari teman. Ini adalah kebodohan terbesar seumur hidup
saya. Saya mohon solusi dan bantuannya).
• Gejala perubahan AV saya kira-kira 10 hari setelah penyuntikan dan hubungan intim di
hari ke 10 tsb.
• Gejala itu dimulai timbulnya peradangan dekat lipatan ujung dan semakin hari timbul
benjolan keras di batang AV saya.
• Bila saya pencet pada pangkal AV saya sebelah atas dan setengah sekeliling AV (kearah
pusat) saya terasa sedikit sakit.
• Pada hari ke 18 timbul gumpalan padat besar dan melebar pada scorotum saya, tepatnya
di pangkal batang AV.(kondisi biji pelir saya kelihatan masih normal).
• Pada hari ke 30 timbul gumpalan pada kecil pada posisi scrotum paling bawah.
• Gumpalan-gumpalan itu bila di pencet tidak sakit.
• Rasa sakit masih saya rasakan sedikit pada pangkal atas AV saya dan setengah keliling
AV(kearah pusat)
• Saat ini saya masih bisa ereksi dan berhubungan intim hanya menurut saya ereksi tidak maksimal. Bila dulu bisa 75 derajat sekarang hanya 25 derajat.
Saya sudah membaca di internet tentang klinik dokter ini dan sudah cukup banyak menangani kasus serupa. Saya berharap sangat bantuan dan solusi terbaik untuk kami.

Hormat Kami
Budi

Jawaban:

Yth. Pak Budi,
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya kepada klinik kami,…..Memang benar selain menangani kasus estetika (kosmetika), kami juga menangani kasus rekonstruksi seperti yang anda alami. Pak Budi merupakan salah satu korban penyuntikan silicon cair atau kadang paraffin (sejenis minyak), biasanya disuntikkan ke hidung namun dapat juga ke bagian lain dari rubuh seprti dagu, pipi, bahkan sampai ke alat vital. Cairan yd disuntikkan biasanya akan merembes mengikuti arah gravitasi ke daerah lain yang cukup longgar sehingga tidak mengherankan bentuknya jadi tidak bisa diprediksi selain itu cairan tsb merupakan benda asing yang akan merangsang jaringan sekitarnya, ( gatal, kemerahan, kadang nyeri dan akhirnya memadat ), tidak jarang kulit diatasnya menjadi hancur, bila posisinya sangat dekat dari permukaan kulit.
Melihat foto yg bpk kirimkan, kulitnya masih meradang (merah) dan sudah mulai memadat, sehingga tidak bisa dipertahankan lagi , karena bila sebagian kulit masih dipertahankan tentu proses peradangan yg mengganggu bpk tidak akan tuntas. Jadi solusi dari kami (berdasarkan pengalaman menangani paien- pasien spt bapak di RS kami)sebaiknya seluruh kulit AV bpk dibuang saja dan digantikan dg cangkok kulit yang diambil dari lipat paha.(bekas sayatan di lipat paha berbentuk garis lurus tepat dilipayannya) Tentu saja operasinya dilakukan dalam pembiusan regional (spinal anestesi), lama operasi sekitar 3 jam, akan dipasang catheter di AV , dan lama perawatan sampai cangkok kulit tsb stabil minimal 5 hari,… pasca penggantian kulit , biasanya kulit AV masih terasa baal/kebas, (keadaan kebas malah malah disukai oleh pasangan pasien ketika melakukan” aktifitas suami isteri”)dan diperlukan waktu 6 sd 9 bulan sampai sensibilitas kulit baru tsb kembali normal. (berdasarkan korespondensi dg pasien-pasien yang senasib dgb bpk). Biaya operasi tergantung fasilitas RS atau klinik tempat operasi itu dilakukan. Operasi ini seharusnya bisa ditanggung asuransi karena bukan operasi kosmetika, namun di klinik kami tdk bekerjasama dg PT askes, Demikian penjelasan kami untuk biaya dan keterangan lebih lanjut silakan bpk hubungi langsung ke klinik saja. Tks

(Dr. Budiman, SpBP)

Tinggalkan Balasan

