Memperbaiki Bentuk dan Kekencangan Miss “V” (VAGINOPLASTY)

Assalamualaikum dr,

Saya tertarik dengan operasi untuk mengencangkan miss “V” karena setelah melahirkan 2 anak ( persalinan normal ) kondisinya menjadi ( mohon maaf longgar ) sehingga suami sering mengeluh hal-hal tersebut walau sambil bercanda.

Pertanyaan saya :
1. Pada saat melahirkan anak pertama di bidan miss”V” saya di gunting kemudian di jahit kembali, apakah miss”V” longgar karena itu ?

2. Apa yang di lakukan pada vaginoplasty ? Apakah harus menginap di rumah sakit, berapa hari di rawat ? Berapa biayanya ? Bisakah di lakukan di klinik bapak ?

3. Bentuk luar miss”V” saya jadi jelek dan bergelambir, apakah bisa di perbaiki ? Apakah itu yang di maksud dengan hyminoplasty ?

4. Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasanya ? Terimakasih

Wassalam

Shanti Surabaya

Waalaikum Salam Wr.Wb…
Terimakasih mba Santi atas pertanyaan, dan kunjungannya ke web kami

Vaginoplasty merupakan salah satu tindakan operasi bedah plastik untuk memperbaiki dan mengembalikan kekencangan otot-otot vagina yang menjadi kendor karena proses melahirkan (Partus Normal).

Oleh karena pada saat melahirkan organ tersebut akan dilalui oleh bayi, pada saat melahirkan ukuran jalan lahir tersebut sangat longgar (otot-ototnya sangat lemas), oleh karena proses hormonal alami. Walaupun kadang-kadang bisa timbul robekan spontan. Dokter atau bidan biasanya menginisiasi suatu sayatan (Episiohim) agar robekan dinding Vagina terarah tidak compang-camping kesagala arah sehingga mudah dijahit kembali, dan secara anatomis kembali normal. Jadi longgarnya miss “V” bukan karena Episiotomy.

Pasca melahirkan tentu saja otot-otot Vagina berkurang kekecangan dan menjadi tipis , sehingga ukuran diametrnya menjadi lebih besar (longgar).

Untuk menjawab masalah tersebut operasi Vaginoplasty memberikan solusi yaitu dengan cara menata kembali otot-otot yang tipis sehingga menjadi tebal (Plikasi otot) sehingga lingkar vagina pun menjadi sempit kembali.

Operasi bisa dilakukan dengan pembiusan lokal (tidak memerlukan pembiusan umum), lama operasi ± 1 jam.

Pasca operasi pasien tidak perlu membatasi aktivitas dan setelah ± 1 bulan baru keadaannya pulih kembali seperti sedia kala.

Kalau memperbaiki bentuk vagina namanya Labiaplasty yaitu suatu operasi untuk memperindah bentuk labia minora yang tadinya bbergelambir menjadi lebih baik sesuai keinginan pasien, Operasi ini kadang dilakukan bersama-sama dengan prosedur vaginoplasty.

Sedangkan Hymnoplasty adalah suatu operasi untuk merekonstruksi memperbaiki selaput dara (Hymen) yang robek oleh karena sesuatu yang tidak diharapkan. Di Indonesia memang masih mengangap selaput dara sebagai sesuatu yang sangat sakral, dan mutlak harus dipertahankan keutuhannya sampai malam pertama pernikahan. Sehingga tidak jarang orang tua atau pasien sendiri datang untuk meminta dilakukan operasi hymnoplasty.

Tentunya tidak semua dokter bedah plastik bersedia mlelakukan operasi tersebut dengan alasan “tabu”, mengelabui, dll. Namun dengan alasan “menolong” akhirnya dilakukan juga dengan terpaksa. Operasi ini sebenarnya simple hanya memerlukan waktu 1,5 jam dengan pembiusan lokal dan pasca operasi hymen yang robek dapat kembali utuh secara anatomi seperti sediakala, sehingga dokter atau bidan yang memeriksa tidak dapat membedakannya. Sudah pasti pada malam pertama hymen tersebut akan berdarah seperti layaknya seorang yang masih perawan.

Wassalam

Dr.Budiman Sp.BP
Pro Aesthetic clinic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: