Rekonstruksi Mata

Mata merupakan pusat dari wajah, menggambarkan suasana hati dan kondisi fisik seseorang, mata yang selalu segar berbinar , indah merupakan dambaan setiap orang.

1.Katagori bentuk mata yang indah seperti apa?
Bentuk mata yang indah secara umum adalah mata yang terlihat berbinar, muda,(tidak terdapat kantung mata), memiliki bulu mata yang lentik dan memiliki satu lipatan kelopak mata berbentuk garis yang terbuka disisi samping /lateral (bukan lipatan yang berbentuk bulan sabit) , biasanya ujung sisi lateral mata yang indah sedikit lebih tinggi dari sisi tengahnya (sisi medial) berbeda dengan mata yang tampak lelah atau menua dimana sisi lateralnya malah lebih rendah dari sisi tengahnya.

mata2

2. Bagaimana membentuk mata agar tampak indah?
Operasi kelopak mata (blepharoplasty) bertujuan untuk membentuk kelopak mata agar lebih indah sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan persepsi penderita. Operasi bisa sangat simple, bisa lebih komplek biasanya terdiri dari satu atau beberapa langkah berikut:
a. Membuang kelebihan kulit
b. Membuang kelebihan otot
c. Membuang kelebihan lemak
d. Membentuk lipatan kelopak mata
e. Melentikkan posisi bulu mata
f. Membuka sudut mata (khusus pada mata sipit)

Oleh karena itu tidaklah heran kalau operasi blepharoplasty atas bisa sangat simple bila hanya salah satu langkah diatas yang dikerjakan (operasi hanya beberapa menit) dan bisa juga lebih lama apabila yang dikerjakan lebih komplek, misalnya pada orangtua yang sudah memiliki hampir semua problem diatas.

a. Mata Sipit agar terlihat indah:
Ras mata Oriental /mongoloid, memiliki anatomis tersendiri dimana :(lihat gambar)

mata3

a. Tidak terdapat lipatan kelopak mata (karena tidak ada serat fibrosepta yang melengketkan kulit kelopak dengan lempeng tarsus dibawahnya)
b. Kelopak mata tampak lebih menggelembung oleh karena timbunan lemak cenderung lebih banyak didalam septum orbita yang juga menggelembung
c. Kadang sudut mata bagian tengah (epicanthus) tertutup oleh lipatan kulit .sehingga menimbulkan kesan bahwa jarak antara kedua mata lebih lebar (tele canthus)
d. Pada ras oriebtal yang sudah berusia timbunan lemak tersebut lebih nyata sehingga membentuk kantung yang menyebabkan bukaan mata semakin mengecil.

Jadi Operasi kelopak mata pada ras oriental yangmuda maupun yang sudah tua langkah yang pasti diambil adalah membuang kelebihan lemak dan membuat lipatan serta melentikkan bulu mata. Mungkin ditambah dengan pembuangan kelebihan kulit dan otot pada pasien yang masih muda dan sudah pasti ditambah dengan pembuangan kelebihan kulit dan otot pada pasien yang lebih tua. Tindakan untuk membuka sudut mata yang tertutup kadang diinginkan oleh pasien kadang-kadang tidak diinginkan.

mata4

Bagaimana pendapat dokter dengan operasi kelopak mata yang hanya mempergunakan sistim tisik benang ?

Operasi dengan sistem tisik yang hanya dilakukan 20 menit jarang dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik oleh karena menurut kami walau pun tindakan tisik tidak meninggalkan bekas sayatan, tindakan tersebut terlalu simple tidak menyelesaikan semua permaslahan seperti disebutkan diatas oleh karena hanya melakukan 1 langkah dari 6 tahap yang biasanya diperlukan. Yaitu hanya membuat lipatan dengan melengketkan kulit ke dalam lempeng tarsus (lapisan dibawahnya) dengan ditisik benang. Karena tidak ada sayatan maka tidak mungkin dilakukan pembuangan lemak , otot maupun kulit yang berlebih. Operasi ini mungkin hanya cocok untuk pasien oriental yang masih sangat muda yang tidak memiliki kelebihan lemak di dalam septumnya. (Namun pada kenyataannya secara statistik mata oriental memiliki timbunan lemak yang lebih banyak dibandingkan ras lain.
Akibatnya beberapa waktu kemudian diperlukan operasi blepharoplasty yang lebih komplit.

b. Mata belo agar terlihat indah

Mata belo merupakan mata indah yang merujuk kepada matanya orang kulit putih (Caucasian) dimana karakteristiknya secara anatomis memiliki:
1. Lipatan kelopak mata oleh karena terdapat serat fibrosepta yang melengketkan kulit kelopak mata dengan struktur dibawahnya yaitu dengan lempeng tarsus.
2. Kelopak mata tidak terlalu menggelembung oleh karena jumlah lemak tidak terlalu banyak dan tersembunyi jauh dalam septum orbita yang tidak terlalu mengelembung.
3. Sudut mata (epichantus) terbuka karena tidak ada kulit yang menutupinya.
4. Pada ras yang lebih tua, kulit mengendor , timbunan lemak bertambah, membuat lipatan jadi berlebihan di sisi lateral dan lipatan yang ada bentuknya berubah seperti bulan sabit. Terbentuklah kantung mata yang menimbulkan kesan seperti lelah, layu dan kurang bersemangat. (lihat gambar)

mata5

Bagaimana operasi mata belo atau yang sudah memilik kelopak agar tampak lebih indah?

Tentu saja operasi kelopak mata yang sudah memiliki lipatan tergantung kepada permasalahan anatomis apa yang dimiliki oleh pasien tersebut biasanya merupakan kombinasi dari beberapa tindakan standar yaitu: membuang kelebihan kulit, membuang kelebihan otot, membuang kelebihan lemak, melentikkan posisi bulu mata , dan membentuk lipatan yang indah (tidak seperti bulan sabit) sehingga kesan mata tua menjadi kembali segar, berbinar, tidak tampak lelah.

Berapa lama Operasi Blepharoplasty atas?

Lama Operasi tentu saja sangat bergantung kepada:
a. Berapa langkah / tindakan yang dilakukan (dari 1 sd 6 tersebut di atas) apakah diperlukan semuanya?(Keputusan ini dibuat ketika dokter menganalisa keadaan anatomis kelopak mata pasien serta dilakukan diskusi untuk menggali persepsi dan ekspektasi pasien)
b. Pengalaman dan keterampilan dokter operator
c. Kelengkapan peralatan dasar : Cauter, set bedah minor , lampu operasi yang cukup terang, posisi meja operasi dan ruangan operasi yang sesuai dengan standar.
Lama Operasi rata- rata berkisar antara 30 sd 45 menit untuk setiap mata.

Jenis pembiusannya bagaimana?

Walau pun operasi kelopak mata atas dapat juga dilakukan dalam pembiusan umum (dimana pasien dibuat tidur tidak merasakan apa –apa) Operasi dengan pembiusan lokal lebih direkomendasikan oleh karena dengan pembiusan lokal, pasien tetap sadar dan kooperatif umtuk bisa membuka dan menutup kelopak matanya saat settimg bukaan dan kelentikkan bulu mata dilakukan.

Apakah pasca Operasi perlu rawat inap?

Tidak diperlukan rawat inap sehingga pasien bisa rawat jalan, bila dilakukan dalam pembiusan lokal. Bila terpaksa dalam pembiusan umum mungkin perlu observasi beberapa saat di ruang pemulihan.

Adakah perawatan khusus pasca operasi?

Tidak ada perawatan khusus, yang penting lakukan kompres dingin dengan kassa lembab yang dibasahi cairan NaCl dingin, selama beberapa jam pasca operasi, dan pada hari kedua harus rajin membersihkan luka operasi dengan salep mata. Bengkak dan memar mungkin terjadi tergantung kepada kondisi faktor pembekuan pasien. Pada hari ke 6 atau 7 jahitan bisa diangkat. (Dalam hal ini dokter akan memilih benang jahit berukuran kecil, tidak traumatis dan tidak diserap sehingga jahitan tersebut bagian luarnya harus diangkat) Jahitan yang diangkat lebih baik karena tidak merangsang terjadinya parut yg jelek pasca operasi dibandingkan dengan jahitan yang dapat diserap (absorbable). Namun perlu diketahui bahwa sejelek apapun luka dikelopak mata itu hampir tidak pernah meninggalkan bekas, apalagi bila luka tersebut diaproksimasikan dengan baik.

Apakah luka tersebut tidak boleh kena air?

Luka di kelopak mata sangat jarang terinfeksi sehingga boleh saja terkena air (mandi maupun berwudhu) selama salep mata dioleskan pada tempat tersebut.(salep yang terbuat dari minyak akan mencegah menempelnya air pada luka). Yang penting jangan berendam atau berenang selama jahitan belum diangkat.

Berapa lama mata akan tampak indah pasca operasi?

Hal ini sangat tergantung kepada kondisi faktor pembekuan darah pasien, kompetensi dokter yang melakukan (bagaimana sikap dokter tersebut dalam memperlakukan jaringan saat operasi, ketelitian dokter dalam melakukan operasi dan keputusan untuk menentukan langkah apa yang cocok untuk pasien tersebut). Hasil operasi akan nampak sesaat setelah operasi sebelum memar dan bengkak terjadi. (Sangat jarang bengkak dan memar terjadi pada operasi kelopak mata atas) Namun biasanya akan pulih dan tampak hasilnya secara optimal dalam 5 hari.

Adakah efek samping yang berbahaya?

Terjadinya efek samping merupakan risiko yang harus ditekan sekecil mungkin oleh dokter dan pasien sebelum melakukan tindakan medis apa pun. Sehingga dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fiik yang teliti saat pertama kali bertemu pasien, kalau diperlukan melakukan pemeriksaan penunjang diagnostik misalnya pemeriksaan labolatorium darah dan pemeriksaan khusus lainnya seperti konsultasi dengan dokter ahli jantung dll pada pasien yang berusia lanjut. Pada pasien yang sehat , masih muda mungkin hanya diperlukan pemeriksaan penunjang yang sederhana bahkan kadang tidak diperlukan pemeriksaan penunjang. Pemakaian obat pengencer darah disarankan untuk dihentikan dulu selama beberapa hari menjelang dan sesudah operasi apabila dokter spesialis yang merawatnya tidak keberatan.
Efek samping yang mungkin adalah pendarahan dan memar yang biasanya akan pulih dalam beberapa hari. Sedangkan efek samping lainnya yang seharusnya tidak pernah terjadi apabila dokter yang melakukan memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar misalnya ektropion karena tidak tepat dan bijak dalam membuang kulit, otot dan lemak serta disain operasi yang kurang tepat dimana hal ini sangat tergantung kepada “sensasi nilai seni” dari dokter yang melakukan.

Tips untuk melakukan operasi kelopak mata?

1.Cari informasi, kenali dulu masalah apa yang ada pada diri dan mata anda
2. Cari informasi dokter yang kompeten melakukan operasi tersebut di daerah anda ( cari di website misalnya website perapi /perhimpunan dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetika Indonesia)
3.Kunjungi dokter yang anda pilih ,lakukan diskusi sampai puas tentang latar belakang pendidikan dokter tersebut,tentang kondisi fisik anda, tentang harapan anda, tentang teknik yang akan dilakukan, dimana, berapa lama, bagaimana merawatnya, komplikasinya, bagaimana cara menghubungi dokter tersebut pasca operasi, dan berapa dananya.
4.Lakukan operasi di klinik yang berijin sesuai standard dan prosedur, patuhi semua nasihat dokter pasca perawatan, lakukan komunikasi dengan dokter bila ada yang tidak jelas dan lakukan kontrol sesuai rencana.

mata6

dr. Budiman, SpBP-RE, MARS
Ketua Perapi Cabang Jakarta
Sub SMF Bedah Plastik Departemen Bedah RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: